FOKUS: #TANGGAP BENCANA ALAM

Kalteng Diprediksi Hujan Sedang Sampai Lebat Seminggu ke Depan

KBRN, Palangka Raya: Satu minggu ke depan diperkirakan potensi hujan di wilayah Kalimantan cukup tinggi. Prakirawan BMKG Palangka Raya, Chandra Mukti Wijaya, menyampaikan imbauan agar warga waspada terhadap kemungkinan dampak bencana seperti banjir, genangan air, tanah longsor, kilat petir dan pohon tumbang. 

“Kalau untuk potensi satu minggu ke depan ini di wilayah Kalteng masih berpotensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang mana itu juga disertai dengan adanya petir, kilat dan angin kencang di sebagian besar wilayah Kalteng,” ujarnya saat Dialog Kentongan di RRI.

Selain mewaspadai dampak tingginya curah hujan dalam sepekan terakhir, Prakirawan BMKG Stasiun Palangka Raya ini juga mengingatkan agar tidak melakukan pembersihan lahan dengan cara membakar khususnya saat cuaca berawan sampai cerah berawan selama 1-3 hari berturut-turut.

Dihubungi terpisah, Plt. Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana dan Pemadam Kebakaran (BPBPK) Kalimantan Tengah, Erlin Hardi, mengatakan semua pihak harus selalu memiliki kesiapsiagaan menghadapi bencana.

 “Jadi intinya begini. Kita tidak boleh berkaca hanya dari sisi waktu karena cuaca di tempat kita ini kan ekstrem. Sewaktu-waktu bisa berubah. Apapun kondisinya kita harus siap siaga. Kita baik dari pemerintah maupun masyarakat mengikuti perkembangan cuaca yang disampaikan BMKG,” tuturnya, Jum’at (22/10/2021).

Erlin Hardi mengatakan pemerintah selalu mewaspadai kejadian kebakaran hutan dan lahan. Seketika terjadi karhutla, Posko, personil dan sarana prasarana akan diaktifkan kembali.

Plt. Kepala BPBPK Kalteng menambahkan yang terpenting yakni terus memberikan edukasi dan sosialisasi kepada masyarakat untuk bersama mencegah kebakaran hutan dan lahan.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00