FOKUS: #VAKSIN COVID-19

Kalteng Belum Temukan Varian Baru, Namun Tetap Diminta Waspada

KBRN, Palangka Raya: Meskipun kasus Covid-19 di Provinsi Kalimantan Tengah menurun, namun semua pihak tetap diminta disiplin mematuhi protokol kesehatan 5M. 

Ketua Pelaksana Harian Satgas Covid-19 Kalteng, Erlin Hardi, mengatakan pemerintah saat ini berupaya mengantisipasi terjadinya gelombang ketiga pandemi Covid-19. Khususnya, saatnya beredar informasi tentang munculnya varian Delta Plus yang pertama kali diumumkan di negara Inggris. 

"Belum ada info varian baru. Jangan sampai ada. Atau varian yang ada menyebar lagi jangan sampai. Kami selalu mengharapkan masyarakat tetap mematuhi prokes dan mengikuti program vaksinasi ini," tuturnya, Kamis (21/10/2021).  

Sementara itu, Ketua Umum Ahli Epidemiologi Indonesia Cabang Kalimantan Tengah, Rini Fortina, mengatakan effective reproduction number (Rt) di Palangka Raya sebulan terakhir memang berada di posisi rendah. Bahkan angkanya sudah stabil dalam dua Minggu terakhir. 

Namun Rini mengungkapkan dalam beberapa hari terakhir effective reproduction number di Palangka Raya kembali meningkat. 

"Tapi Di kota ini 3 hari terakhir Rt-nya juga sudah mulai naik mudah-mudahan ada tindakan lebih awal di lapangan untuk kepatuhan masyarakat terhadap proses dengan izin keramaian oleh Satgas harus diawasi ketat," katanya. 

Menurut Rini, ketika kasus Covid-19 di hampir semua wilayah Indonesia melandai, pemerintah menetapkan kebijakan untuk menggunakan indikator Rt untuk mencegah tumbuhnya kasus-kasus baru seperti yang terjadi pada Juli-Agustus lalu.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00