Pemilik Hewan Peliharaan untuk Diminta Pro Aktif Vaksinasi Rabies

KBRN, Palangka Raya: Kalimantan Tengah menargetkan bebas rabies pada tahun 2022. Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Peternakan Provinsi Kalimantan Tengah, Sunarti, mengatakan sebelumnya Kalteng nyaris bebas rabies pada 2019 sehingga ditargetkan pada 2020 Kalteng sudah bebas rabies.

Namun terjadinya ledakan kasus rabies di Kabupaten Barito Timur dan Kota Palangka Raya, membuat Kalteng belum mampu mencapai target bebas rabies pada 2020.

“Tentunya kita memasang target tahun depan kita bebas rabies meskipun target nasional kita di tahun 2035,” ujarnya.

Menurut Sunarti jumlah kasus rabies di Kalteng saat ini masih terbilang sedikit atau masih di bawah 15 kasus. Diharapkan, dengan upaya bersama tidak ada lagi kasus rabies di Kalimantan Tengah.

Sementara itu, Kepala UPT Pusat Kesehatan Hewan (Puskeswan) Palangka Raya, Eko Hari Yuwono, mengimbau agar masyarakat memanfaatkan layanan vaksinasi rabies gratis yang diberikan Tim Rabies Center.

“Imbauannya ke masyarakat adalah supaya kita menjadi masyarakat yang bijak terhadap pemeliharaan hewan kesayangan kita. Karena penyakit rabies ini membahayakan atau menular kepada manusia yaitu membahayakan keluarga dan tetangga kita,” tuturnya, Minggu (17/10/2021).

Eko Hari Yuwono mengatakan di Kota Palangka Raya terus dilakukan layanan vaksinasi rabies gratis secara rutin tiap tahun mulai Januari sampai Desember.

Tim Rabies Center dari Bidang Kesehatan Hewan sudah tiga tahun ini mengkader petugas vaksinasi rabies yang terbagi dalam zonasi sesuai kelurahan.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00