Fraksi Pendukung DPRD Kalteng Pertanyakan Upaya Pemprov Tangani Banjir

KBRN, Palangka Raya: Tujuh fraksi pendukung DPRD Kalimantan Tengah menyampaikan pertanyaan, pendapat dan saran terhadap Rancangan Peraturan Daerah tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kalteng tahun 2021-2026.

Pemandangan umum fraksi pendukung DPRD disampaikan pada Rapat Paripurna DPRD Kalteng Senin kemarin. Salah satu poin yang ditanyakan wakil rakyat yang duduk di kursi DPRD Kalteng yakni terkait penanganan bencana banjir. 

Juru Bicara Fraksi Partai Demokrat, Siswandi, mengatakan musibah banjir yang melanda beberapa kabupaten/kota di Kalimantan Tengah dalam dua tahun terakhir menuntut perhatian semua pihak.

“PR bagi berbagai pemangku kepentingan baik pemerintah, pihak swasta atau perusahaan dan masyarakat. Bencana ini akan terulang kembali di masa mendatang jika tidak ada upaya sungguh-sungguh dari pemda dan pihak lainnya utk mengendalikan faktor penyebab terjadinya banjir. Bagaimana upaya pemerintah sejauh ini? Mohon tanggapannya,” kata Siswandi.  

Lebih lanjut, fraksi pendukung DPRD Kalteng ini menyoroti kondisi perekonomian selama pandemi Covid-19  termasuk bencana alam di Provinsi Kalimantan Tengah sangat berpengaruh terhadap pendapatan masyarakat. Karena itu, program nyata dari pemerintah diharapkan untuk meningkatkan pendapatan masyarakat yang sangat berhubungan dengan pembangunan Kalteng serta selaras dengan RPJMD.

Selanjutnya, pada Rapat Paripurna DPRD Kalteng yang berlangsung hari ini, Wakil Gubernur Kalimantan Tengah membacakan Jawaban Gubernur Kalteng atas pemandangan umum 7 fraksi pendukung DPRD Kalteng terkait Raperda RPJMD 2021-2026.

Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah melihat salah satu penyebab banjir memiliki keterkaitan erat dengan tata kelola pembangunan di Daerah Aliran Sungai (DAS).

“Pertanyaan terkait salah satu indikasi penyebab banjir. Terjadinya banjir adalah tata kelola pembangunan di daerah aliran sungai. Dapat kami sampaikan bahwa pengelolaan DAS memerlukan keterpaduan seluruh pihak terkait mengingat adanya keterkaitan dari hulu hingga hilir DAS. Pada Rancangan RPJMD 2021-2026 pengelolaan DAS menjadi salah satu yang menjadi perhatian,” ujar Wagub Kalteng, Selasa (21/9/2021).

Lebih lanjut Wagub Edy Pratowo saat membacakan Jawaban Gubernur Kalteng terhadap pertanyaan fraksi pendukung DPRD menyebut beberapa upaya penanganan banjir meliputi penyusunan rencana pengelolaan DAS, optimalisasi fungsi dan daya dukung wilayah DAS, penerapan teknik konservasi tanah dan air di wilayah DAS, pemberdayaan masyarakat dalam kegiatan pengelolaan DAS serta meningkatkan koordinasasi dan sinkronisasi dalam pengelolaan DAS.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00