Pemprov Kalteng Terima Bantuan 49 Konsentrator Oksigen dari PT. KDP

KBRN, Palangka Raya: Dukungan terus berdatangan terhadap upaya pemerintah daerah di Kalimantan Tengah dalam penanganan Covid-19.

Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah pada Senin (30/8/2021) melakukan serah terima bantuan berupa 49 unit konsentrator oksigen dari PT. Karya Dewi Putra (KDP).  

Head SSLL (Sosial Security License Litigation) PT. Karya Dewi Putra, Dani sasono, mengatakan pihaknya terpanggil untuk turut membantu pemerintah dan masyarakat dalam pelayanan penanggulangan Covid-19.

"Salah satu yang kami lakukan adalah membantu oksigen konsentrator ini sebagai upaya untuk memberikan bantuan dan kemudahan terhadap kesulitan yang dihadapi oleh rumah sakit-rumah sakit kita dalam melayani masyarakat," ujar Dani.

PT. Karya Dewi Putra/Mitra Tanoto Foundation merupakan perusahaan perkebunan swasta nasional yang beroperasi di Kabupaten Katingan, Kalteng.

Menurut Dani bantuan lain yang diberikan PT. Karya Dewi Putra bersama GAPKI Kalteng yakni berupa Sembako kepada masyarakat yang terdampak Covid-19 sesuai imbauan Gubernur Kalteng. 

"Kami harapkan bantuan yang kami berikan ini dapat dipergunakan dan diterima dengan baik dan dapat memberikan manfaat bagi masyarakat kita," tutupnya.

Pada kesempatan tersebut Gubernur Kalimantan Tengah Sugianto Sabran yang diwakili Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah Nuryakin mengatakan 49 unit konsentrator oksigen ini akan didistribusikan ke beberapa rumah sakit di 3 kabupaten. Rumah sakit di Palangka Raya mendapat sebanyak 30 unit, rumah sakit di Barito Selatan 14 unit dan rumah sakit di Pulang Pisau sebanyak 5 unit konsentrator oksigen.

"Kita berharap ini merupakan wujud partisipasi pelaku usaha yang ada di Kalteng dan untuk diketahui Covid ini menyerang paru-paru. Tentu saja ini sangat membantu 10 liter per menit. Jadi dia bisa dibagi untuk 2 pasien, karena ada dua saluran. Ini kita berharap dimanfaatkan semaksimal mungkin oleh rumah sakit yang ada di tiga kabupaten kota tersebut sehingga bisa membantu masyarakat yang saat ini memerlukan oksigen," kata Pj. Sekda Kalteng.

Pj. Sekda Nuryakin mengatakan dalam penanganan pasien Covid-19 di rumah sakit dilakukan terapi oksigenasi. Bantuan yang diberikan pelaku usaha ini diharapkan mampu menambah  ketersediaan oksigen yang sangat diperlukan dalam perawatan pasien. 

Di tempat yang sama, Ketua Harian Satgas Penanganan Covid-19 Provinsi Kalimantan Tengah, Erlin Hardi, mewakili Tim Satgas Penanganan Covid-19 Provinsi mengucapkan terima kasih atas bantuan konsentrator oksigen dari PT. Karya Dewi Putra/ Mitra Tanoto Foundation. 

Menurutnya bantuan ini akan memperkuat sistem layanan kesehatan di Kalteng sehingga semakin memantapkan pelayanan bagi pasien Covid-19 di rumah sakit. 

"Keterlibatan pengusaha-pengusaha ini yang sudah kita lihat di beberapa kondisi. Artinya peran serta mereka sangat kita hargai. Pemda ini kan punya keterbatasan dari sisi anggaran. Nah tentunya untuk menanggulangi pandemi ini perlu kebersamaan pentahelik itu pemerintah, pengusaha, masyarakat, akademisi itu sangat diperlukan sekali dan ini juga salah satu bentuk perusahaan itu dengan komitmennya membantu Pemprov di dalam meringankan beban saudara-saudara kita nantinya salah satunya dengan memberikan oksigen konsentrator dan bantuan sembako," ujar Erlin usai acara serah terim bantuan di Halaman Kantor Gubernur Kalteng.

Ketua Harian Satgas Penanganan Covid-19 Kalteng ini mengapresiasi respon pengusaha atas ajakan gubernur untuk bersama membantu penanganan warga yang terdampak Covid-19.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00