FOKUS: #VAKSIN COVID-19

Ibu Hamil di Kalteng Mulai Terima Vaksinasi Covid-19

KBRN, Palangka Raya: Ratusan ibu hamil mengikuti pemberian vaksinasi di Kantor Gubernur Kalimantan Tengah, Kamis (26/8/2021). Usai divaksin, ibu-ibu hamil mendapat bingkisan berupa sembako, vitamin dan susu untuk anak dari panitia.

Salah seorang peserta vaksinasi, Dianita, yang usia kehamilannya memasuki 19 minggu mengatakan keinginan untuk divaksin merupakan ikhtiar untuk pencegahan dampak Covid-19. "Lagian sekarang apa-apa syarat kan harus vaksin. Jadi ikut aja lah," ujarnya saat menunggu antrean vaksinasi.

Sementara Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Tengah, Suyuti Syamsul, mengatakan ibu hamil merupakan kelompok rentan yang menjadi salah satu fokus pemberian vaksinasi.  

Kepala Dinas Kesehatan Kalteng ini menyebut kondisi hamil termasuk komorbid, sehingga ketika terpapar Covid-19 pasien yang sedang hamil memiliki risiko fatal lebih besar.

“Kita mulai memvaksin ibu hamil, ibu hamil itu banyak yang kena (Covid-19) bahkan tidak sedikit diantaranya meninggal. Jadi kita sekarang fokus mengejar masyarakat rentang lain. Pemerintah tentu tidak menganjurkan vaksinasi jika berbahaya untuk ibu hamil. Tentu sudah melalui uji coba. Itu bukan keputusan pemerintah semata, tapi rekomendasi dari POGI (Perkumpulan Obstetri dan Ginekologi Indonesia) bahwa itu aman,” tegasnya.

Di tempat yang sama Direktur RSUD Doris Sylvanus, Yayu Indriati, mengatakan tujuan pemberian vaksinasi bagi ibu hamil lebih pada memberikan kekebalan pada ibu. Sementara untuk kesehatan janin, berdasarkan penelitian sudah dinyatakan sehat dan aman.

“Pada kegiatan hari ini juga kita memberikan fasilitas apabila memang merasa ada keluhan yang dirasakan setelah pemberian pasca vaksinasi bisa memeriksakan kehamilannya. Dari hasil pemeriksaan di tempat lain terbukti bahwa kejadian ikutan imunisasi yang dirasakan ibu hamil pasca pemberian vaksinasi ini ada pada tataran ringan,” tuturnya.

Pencanangan pemberian vaksinasi Covid-19 bagi ibu hamil dilaksanakan serentak se-Kalteng. Target pemberian vaksinasi bagi ibu hamil di Palangka Raya yakni 200-300 orang. Sementara total vaksinasi ibu hamil se-Kalteng sebanyak 1.398 orang.

Syarat bagi ibu hamil untuk mendapatkan vaksinasi yakni dalam keadaan sehat, usia kehamilan 13-33 minggu serta membawa KTP.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00