FOKUS: #WASPADA KARHUTLA

Curah Hujan Mulai Rendah, Siap Siaga Hadapi Karhutla

KBRN, Palangka Raya: Menurut Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) sebagian wilayah Indonesia berpotensi mengalami Indeks Curah Hujan Rendah (CH < 100 mm) pada bulan Agustus hingga Oktober 2021.

Plt. Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana dan Pemadam Kebakaran (BPBPK) Provinsi Kalimantan Tengah, Erlin Hardi, mengatakan upaya antisipasi terjadinya kebakaran hutan dan lahan harus gencar dilakukan.

“Diharapkan untuk BPBD Kabupaten dan Kota melakukan groundcheck secara rutin terhadap wilayah-wilayah lahan gambut dan daerah yang berpotensi mudah terjadinya kebakaran,“ kata Erlin, Sabtu (24/7/2021).

Erlin juga mengatakan, groundcheck lapangan ini dapat dilakukan bersama dinas terkait untuk mengantisipasi dan menangani terjadinya potensi-potensi kebakaran hutan dan lahan.

“Perkuat upaya-upaya pencegahan dengan melaksanakan sosialisasi dan edukasi melalui media sosial dan elektronik berisikan informasi larangan membakar hutan dan lahan dan sanksi hukumannya," tutupnya. (Sumber: MMC Kalteng)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00