FOKUS: #PPKM MIKRO

ASN dan Tekon Pemprov Kalteng Diimbau Patuhi Aturan Guna Tekan Sebaran Covid-19

KBRN, Palangka Raya: Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemprov Kalteng tidak diperkenankan melakukan perjalanan dinas dalam daerah maupun luar daerah selama PPKM Mikro Diperketat, kecuali telah mendapatkan izin dari gubernur.

Apabila ASN telah melakukan perjalanan dinas, sebelum kembali ke rumah atau ke kantor wajib melakukan rapid test antigen dan jika hasilnya positif, maka diwajibkan melakukan Isolasi mandiri.

Ketua Pelaksana Harian Satgas Penanganan Covid-19 Provinsi Kalteng, Erlin Hardi, mengatakan sebagai langkah penanganan terhadap ASN dan Tenaga Kontrak (Tekon) yang telah terpapar Covid-19 untuk segera dilakukan Testing, Tracing dan Treatment (3T).

“Diharapkan semua Kepala SOPD untuk melakukan Testing, Tracing dan Treatment terhadap seluruh ASN dan Tekon apabila ada yang terpapar Covid-19 di lingkungan perkantorannya masing-masing,” ujarnya di Palangka Raya, Sabtu (24/7/2021). 

Lebih lanjut Erlin mengatakan, guna meminimalisir angka penularan agar semua Kepala SOPD melaporkan ASN dan Tekon yang terkonfirmasi positif Covid-19 ataupun keluarganya disertai alamat rumah dan nomor hp/telepon yang bisa dihubungi. 

"Selain itu, melaporkan ASN dan Tekon yang belum melakukan vaksinasi covid-19 disertai alamat rumah dan no hp/telepon yang bisa dihubungi," lanjutnya.

ASN dan Tekon juga diimbau untuk tidak menerima kunjungan tamu dari daerah atau provinsi lain selama PPKM. Apabila terpaksa harus menerima tamu, maka tamu dari luar wajib menunjukkan hasil swab PCR dengan hasil negatif. 

"Untuk pelaksanaan pekerjaan agar mengikuti sesuai Edaran Gubernur, baik untuk WFH maupun WFO dan secara teknis diatur oleh masing-masing kepala SOPD," tambah Erlin.

Penyemprotan disinfektan di lingkungan kantor juga harus dilakukan secara rutin. Selalu membuka pintu dan jendela agar sinar matahari dan udara bisa masuk di kantor masing-masing. 

ASN dan Tekon juga diingakan untuk tetap semangat melakukan Prokes 5 M, yaitu memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menghindari kerumunan dan mengurangi mobilitas keluar rumah atau keluar daerah. 

Kemudian, menjaga perilaku hidup sehat, berolahraga, berjemur, tidur secara teratur dan mengonsumsi vitamin untuk menjaga stamina tubuh.

“Apabila kondisi badan kurang sehat tidak usah ke kantor dulu dan melaporkan ke atasannya masing-masing dan segera periksa ke pusat kesehatan terdekat,“ tegasnya. (Sumber: MMC Kalteng)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00