Hari Bumi Internasional, Pemprov Kalteng Susun Rencana Aksi Pengurangan dan Penghapusan Merkuri

KBRN, Palangka Raya: Pada peringatan Hari Bumi Internasional, Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah melakukan Rapat Koordinasi dalam rangka penyusunan Rencana Aksi Daerah Pengurangan dan Penghapusan Merkuri (RAD PPM).

Plt. Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Kalimantan Tengah, Vent Christway, mengatakan produk akhir dari Rencana Aksi Daerah PPM ini adalah penetapan Peraturan Gubernur Kalteng. Diharapkan penyusunan materi rancangan Pergub Kalteng tentang RAD PPM ini dapat rampung pada Oktober mendatang.

"Dengan adanya Pergub tersebut akan menjadi rencana aksi kita dalam rangka khususnya pertambangan penghapusan penggunaan merkuri. Target nasional 2025 formalisasi PESK. Jadi di Kalteng banyak PETI jadi target di nasional 2025 pertambangan itu memiliki ijin. Dengan memiliki ijin ini dapat melakukan pembinaan dan pengawasan termasuk dalam penggunaan merkuri dikurangi," kata Plt. Kadis Lingkungan Hidup Kalteng usai Rapat Koordinasi dalam rangka penyusunan RAD Pengurangan dan Penghapusan Merkuri (PPM), Kamis (22/4/2021).

Plt. Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kalteng ini berharap akan ada inovasi teknologi yang  tepat dan lebih baik supaya merkuri tidak digunakan lagi dalam proses pertambangan. 

Selain Dinas Lingkungan Hidup, Dinas ESDM dan Dinas Kesehatan Kalteng serta Oganisasi Perangkat Daerah lainnya juga terlibat dalam penyusunan RAD PPM Provinsi Kalimantan Tengah. (foto: waspada)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00