Palangka Raya Masuk 11 Daerah Risiko Tinggi Penyebaran Covid-19

KBRN, Palangka Raya: Kota Palangka Raya Kalimantan Tengah termasuk satu diantara sebelas daerah di Indonesia yang berisiko tinggi (zona merah) penyebaran Covid-19.

Berdasarkan data peta zonasi risiko dari Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC-PEN) per 11 April 2021, selain Kalteng provinsi lain yang daerahnya masih termasuk zona merah yakni Sumatra Utara, Sumatra Selatan, Kalimantan Selatan, dan Bali.

Peta zonasi risiko daerah dihitung berdasarkan indikator-indikator kesehatan masyarakat dengan menggunakan skoring dan pembobotan. Adapun indikator yang digunakan antara lain indikator epidemiologi, indikator surveilans kesehatan masyarakat, dan indikator pelayanan kesehatan.

Ketua Satgas Penangan Covid-19 Provinsi Kalimantan Tengah, Sugianto Sabran, mengatakan pemerintah pusat sampai daerah telah berkomitmen untuk tidak melakukan lockdown. Untuk itu diperlukan kerja sama semua pihak guna menekan penyebaran Covid-19. 

“Sosialisasi dan edukasi harus tetap masif. Angka kematian cukup tinggi. Ini yang terjadi kita tidak boleh menyerah. Kesadaran diri masyarakat untuk menerapkan prokes juga sangat diperlukan,” ujar Gubernur Kalteng, Kamis (15/4/2021).

Ketua Satgas Covid-19 Kalteng juga menyebut ketegasan kepala daerah bersama TNI-Polri untuk menegakkan denda bagi pihak yang melanggar protokol kesehatan. PPKM mikro di seluruh kabupaten/kota di Kalteng juga telah diperpanjang sampai 19 April mendatang.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00