FOKUS: #VAKSIN COVID-19

Vaksinasi Dosis Lengkap Bagi Lansia di Kalteng Baru Tercapai 0,5 Persen

KBRN, Palangka Raya: Capaian vaksinasi dosis lengkap bagi pelayan publik di Provinsi Kalimantan  Tengah per 13 April 2021 baru tercapai sekitar 18 persen lebih. Sebanyak 37.788 orang sudah divaksin dari total target 198.975 orang.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Tengah, Suyuti Syamsul, mengatakan kecepatan cakupan vaksinasi menyesuaikan alokasi vaksin yang tersedia. Meski jumlah vaksin yang diterima masih terbatas, namun diyakininya pelaksanaan vaksinasi tahap II di Kalteng sampai akhir Juni dapat sesuai target.

“Tapi kita kan masih punya sekitar 70 hari dengan kecepatan yang ada saya yakin kan  tidak harus 100 persen kan memang, kan 80 persen sudah masuk bagus. Ya memang perlu menjadi perhatian itu adalah lansia,” ujar Kepala Dinas Kesehatan Kalteng ketika dihubungi RRI, Rabu (14/4/2021).

Vaksinasi bagi lansia di Kalteng untuk dosis lengkap baru tercapai 988 orang atau 0,52 persen. Sementara target lansia yang diberikan pusat untuk menerima vaksinasi sebanyak 191.817 orang se-Kalteng. Sementara untuk pemberian vaksinasi dosis pertama bagi lansia se-Kalteng tercapai 4.485 orang atau sekitar 2,34 persen. 

Suyuti mengatakan untuk mendorong percepatan pemberian vaksinasi bagi lansia telah dilakukan beberapa upaya. Diantaranya pemerintah kabupaten/kota telah diminta untuk menggunakan 60 persen vaksin yang baru diterima minggu ini khusus bagi lansia.

"(Vaksinasi) Lansia ini memang untuk Kota Palangka Raya cukup tinggi sudah belasan persen. Cuman ada beberapa kabupaten masih sangat kecil. Itu yang kita dorong," lanjutnya.

Selain itu, adanya kemudahan layanan yakni semua orang yang berumur di atas 60 tahun tinggal membawa KTP ke rumah sakit untuk mendapatkan vaksinasi Covid-19. Insentif bahkan diberikan bagi warga berusia 18-59 tahun yang belum masuk target vaksinasi  tahap 2. Mereka yang mengantarkan dua orang lansia untuk divaksin mendapat insentif vaksinasi gratis. Bahkan menurut Suyuti upaya pemberian vaksinasi door to door bagi lansia juga dilakukan petugas di kabupaten/kota.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00