Ketua PHDI Kalteng: Rayakan Kemenangan Dharma Melawan Adharma Harusnya Setiap Saat

KBRN, Palangka Raya: Hari ini Rabu 14 April 2021 umat Hindu merayakan Hari Raya Galungan. Perayaan Galungan dilaksanakan tiap 210 hari atau 6 bulan sekali menggunakan perhitungan kalender Bali yaitu Rabu Kliwon wuku Dungulan.

Ketua Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Provinsi Kalimantan Tengah, I Nyoman Sudyana, menjelaskan Galungan adalah perayaan kemenangan Dharma (kebenaran) melawan Adharma (kejahatan).

Dalam merayakan hari kemenangan ini, sejak pagi hari umat Hindu telah memulai upacara untuk Galungan dengan persembahyangan di rumah masing-masing hingga ke Pura sekitar lingkungan.

“Kalau kita lihat Galungan itu sebenarnya ini kan perayaan kita, sebenarnya setiap saat itu kita harus merayakan kemenangan dharma melawan adharma itu. Segala tindak tanduk kita itu harus berdasarkan dharma,” ujar Ketua PHDI Kalteng kepada RRI, Rabu (14/4/2021).

I Nyoman Sudyana menambahkan situasi pandemi Covid-19 memang mengubah banyak hal dalam pelaksanaan ibadah dan perayaan Galungan.

“Di masa pandemi seperti sekarang, kami kan merasa biasanya kalau Hari Raya Galungan kita bersama-sama kita makan bersama, silaturahmi bersama. Tapi karena pandemi kita membatasi diri tadi. Habis sebahyang kita pulang masing-masing, kemudian jaga jarak,” lanjutnya.

Menurutnya, saat ini umat manusia sedang diberi cobaan oleh Tuhan yang Maha Kuasa. Dengan adanya virus corona seolah kita dipaksa untuk menyeimbangkan alam.

Ketua PHDI Kalteng lebih lanjut menjelaskan sepuluh hari setelah Hari Raya Galungan atau pada Sabtu 24 April mendatang adalah Hari Raya Kuningan. Karena itu biasanya Hari Raya Galungan dan Kuningan dijadikan satu rangkaian. (foto: Antara)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00