FOKUS: #WASPADA KARHUTLA

Peran Kelurahan Siaga Antisipasi karhutla Tahun Ini Dimaksimalkan

KBRN,Palangka Raya : Pemerintah Kota Palangka Raya tahun ini berupaya memaksimalkan peran masyarakat terutama di tingkat kelurahan yang sudah terbentuk Kelurahan Siaga dan Tangguh Bencana, dalam dalam mengantisipasi bencana kebakaran hutan dan lahan yang selalu mengancam saat kemarau.

Wali Kota Palangka Raya Fairid Naparin, Sabtu (11/04/2021) menerangkan pembentukan Kelurahan Siaga dan Tangguh Bencana merupakan upaya meningkatkan keterlibatan masyarakat secara langsung dalam mengantisipasi dan menangani bencana.

” sampai saat ini sudah terbentuk sejumlah Kelurahan Siaga dan Tangguh Bencana, Kita terus memaksimalkan peran mereka dalam mengantisipasi bencana karhutla yang selalu menjadi ancaman,” kata Fairid Naparin

Fairid menerangkan pembentukan Kelurahan Siaga dan Tangguh Bencana merupakan upaya meningkatkan keterlibatan masyarakat secara langsung dalam mengantisipasi dan menangani bencana. Masyarakat selaku garda terdepan harus memiliki kemampuan memahami dan manajemen penanggulangan bencana salah satunya karhutla. Peran antisipasi dan penanggulangan bencana itu setidaknya mencakup wilayah tempat tinggal. Untuk itu, setiap masyarakat yang terlibat di dalam Kelurahan Siaga dan Tangguh Bencana telah mendapatkan bekal manajemen pengelolaan bencana alam terutama kebakaran hutan dan lahan juga telah diberikan pemerintah melalui pelatihan.

Manajemen tersebut meliputi pemetaan bencana dan kebutuhan penanganan, rencana aksi hingga strategi upaya pemadaman di lapangan termasuk manajemen komunikasi dan koordinasi dengan lintas lembaga.

Berdasar prakiraan BMKG, secara umum wilayah Kalimantan Tengah mulai memasuki masa peralihan menuju musim kemarau pada Mei-Juni 2021. Sedangkan untuk puncak kemarau diprediksi terjadi pada Agustus hingga September 2021.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00