Rendah Penyebaran Covid-19, Masyarakat di Daerah Calon Ibukota Negara Gelar Ibadah Tatap Muka

KBRN, Palangka Raya : Jemaat gereja di Desa Tumbang Talaken, Kecamatan Manuhing, Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah, telah melaksanakan ibadah secara tatap muka meskipun masih dalam kondisi pandemi Covid-19.

Seperti, Minggu (11/4/21), ratusan umat dengan khusyuk melaksanakan kebaktian. Tidak hanya Protestan, ibadah di gereja juga dilakukan oleh jemaat Katolik, mengingat di wilayah ini termasuk daerah zona rendah penyebaran Covid-19

Salah satu tempat ibadah di Desa Tumbang Talaken, Gereja Kalimantan Evangelis (GKE) Bukit Sion, menerapkan protokol kesehatan yang sangat ketat bagi para jemaatnya.

Sebelum masuk ke dalam gereja, jemaat diwajibkan untuk mencuci tangan. Ketika berada di dalam, tidak diperbolehkan duduk berdekatan atau maksimal menjaga jara sekitar satu meter lebih.

"Masih dalam kondisi Covid-19 seperti saat ini tentu membuat kita menyesuaikan diri dengan protokol kesehatan karena demi kesehatan bersama," ucap Vikaris Brata Agitama ketika menyampaikan pesan di dalam khotbahnya, seraya meminta jemaat tidak kendor dalam melaksanakan protokol kesehatan ketika beraktivitas di luar.

Sementara itu, Ketua Persatuan Gereja-gereja Indonesia (PGI) Wilayah Kalimantan Tengah, Pdt Mediorapano menyebut, tidak ada larangan beribadah secara tatap muka, selama jemaat tetap menerapkan protokol kesehatan serta gereja berada di wilayah zona hijau.

"Bagi yang masih zona merah diwajibkan untuk beribadah di rumah dengan menggunakan live streaming. Sementara bagi gereja yang wilayahnya sudah zona hijau, tidak apa-apa secara tatap muka, namun dengan syarat tetap menerapkan protokol kesehatan," imbuhnya.

Seperti diketahui, Desa Tumbang Talaken pernah ditunjuk menjadi salah satu kandidat lokasi Ibukota Negara (IKN) di Kalimantan Tengah menggantikan Jakarta, selain Kabupaten Panajam Paser Utara dan Kutai Kertanegara Provinsi Kalimantan Timur.

Daerah ini pernah dikunjungi Presiden Joko Widodo pada Mei 2019 lalu, tepatnya di Bukit Nyuling. Kunjungan orang nomor satu di NKRI tersebut guna melihat kesiapan lokasi calon IKN. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00