Segera Sahkan Perda Masyarakat Hukum Adat

KBRN, Palangka Raya : DPRD mengajukan sejumlah Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) inisiatif.  Dalam rapat Paripurna ke II Masa Persidangan I Tahun 2021 DPRD Kalimantan Tengah, pihak legislatif menyerahkan raperda inisiatif kepada jajaran pemerintah provinsi agar segera dibahas dengan harapan mengakomodir kepentingan masyarakat hukum adat dan meningkatkan kesejahteraan di Bumi Tambun Bungai. 

Menurut Ketua Badan Pembentukan Perda (Bampemperda), Maruadi, anggota DPRD beberapa kali melakukan pertemuan guna membahas usulan inisiatif yang di inisiasi oleh Badan Pembentukan Perda, sesuai dengan aspirasi yang telah pihaknya terima dengan melakukan beberapa kajian mendalam, termasuk kajian hukum dan penyusunan naskah.

"Raperda ini, merupakan jalan keluar atas permasalahan yang dihadapi oleh masyarakat adat terutama yang kerap terlibat permasalahan dengan perusahaan untuk mempertahankan haknya," tambah Maruadi, Senin (18/1/21).

Sementara itu, Wakil Gubernur Habib Ismail Bin Yahya mengatakan, raperda inisiatif merupakan aspirasi maupun tuntutan dari masyarakat sesuai  kondisi di lapangan dan perlu mendapat dukungan penuh. 

Wagub menambahkan, pemerintah tentunya bekerja sama dalam setiap pembentukan raperda yang mengarah kepada kepentingan publik. 

"Sehingga apabila nantinya beberapa raperda tersebut telah disahkan, semoga bisa menjadi patokan agar selalu dipatuhi," ungkapnya. 

Menanggapi pembahasan raperda tersebut, Ketua Harian Dewan Adat Dayak Kota Palangka Raya, Mambang Tubil meminta Perda Perlindungan Terhadap Masyarakat Hukum Adat secepatnya bisa disahkan guna melindungi setiap hukum adat Dayak Kalteng. Sehingga legalitas hukum adat menjadi jelas dan masyarakat adat bisa melakukan aktivitas adat dengan penuh tanggung jawab. 

"Secara umum, perda ini sesungguhnya merespon inisiatif-inisiatif perlindungan terhadap masyarakat adat yang selama ini termarjinalkan, tetapi belum mendapatkan perlindungan negara," imbuhnya. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00