MK Belum Putuskan Gugatan Pilkada Kalteng

KBRN, Palangka Raya : Pasangan calon nomor urut 01, Ben Brahim Sion Bahat-Ujang Iskandar masih menunggu putusan gugatan sengketa Pilkada Kalimantan Tengah yang telah mereka daftarkan pada bulan lalu. 

Meski demikian, Calon Wakil Gubernur Ujang Iskandar tetap optimistis gugatan ke Mahkamah Konstitusi (MK) tersebut terus dilanjutkan.

Menurut Ujang, pihaknya dapat membuktikan terkait dugaan kecurangan yang bersifat terstruktur, sistematis dan masif (TSM).

Ujang mengakui, sesuai jadwal, sidang akan dilaksanakan pada 26 Januari 2021. Sehingga pihaknya kata Ujang, sangat yakin dapat memenangkan gugatan di MK ini, mengingat sudah memiliki bukti dan saksi. 

"Terkait peraturan MK yang baru, tidak melihat persentase selisih suara. Silahkan bisa diajukan gugatannya. Nanti hakim yang melihat dan menimbang. Apakah masuk dalam kategori TSM atau tidak. Tapi kami optimis menang di MK karena sesuai bukti dan saksi," ungkapnya, Selasa (5/1/21).

Sementara itu, Ketua KPU Kalteng Harmain Ibrohim menegaskan, hingga saat ini masih menunggu  keputusan MK terkait gugatan yang telah diajukan. KPU Kalteng siap memberikan jawaban atas segala yang dituduhkan terkait dengan proses tahapan Pilkada hingga pleno yang dilakukan

"Saat sidang pleno penetapan akhir suara, salah satu paslon tidak menandatangani berita acara. Itu tidak masalah dan tidak berpengaruh dengan hasil pleno. Kita juga sambil menunggu keputusan dari MK. Pada dasarnya kami sudah siap," imbuhnya. 

Ditambahkan Harmain, gugatan ke MK merupakan salah satu tahapan akhir dari semua proses pemilihan an apabila ada dari pasangan calon yang melakukan gugatan. Oleh karena itu, semua kembali ke MK, apakah gugatan lanjut sidang atau malah ditolak. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00