FOKUS: #PILKADA 2020

Tingkat Partisipasi Pemilih Kota Palangka Raya pada Pilgub Kalteng Tak Capai Target

KBRN, Palangka Raya: Partisipasi pemilih di Kota Palangka Raya pada Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Tengah sebesar 62,83 persen. Angka tersebut masih berada di bawah target nasional yang ditetapkan yakni 77,5 persen.

Ketua KPU Kota Palangka Raya, Ngismatul Choiriyah, dalam Dialog Kalteng Menyapa Kamis (17/12/2020) pagi mengatakan kondisi hujan lebat serta bencana non alam pandemi Covid-19 saat hari pemungutan suara kemungkinan turut mempengaruhi partisipasi pemilih.

“Kalau kita lihat data dari pengguna hak pilih kemudian dari DPT dan DPTb 6.160, maka partisipasi pemilih di Kota Palangka Raya dapat kami simpulkan 62,83 persen,” ujar Ketua KPU Kota Palangka Raya dalam Dialog Interaktif Kalteng Menyapa.

Tingkat partisipasi pemilih diperoleh usai pleno rekapitulasi pemungutan dan penghitungan suara di KPU Kota Palangka Raya. Dijelaskan Ngismatul total Daftar Pemilih Tetap (DPT) Kota Palangka Raya yang ditetapkan sebanyak 180.771. Kemudian saat pemilihan, pengguna hak pilih sebanyak 113.575,  dengan jumlah suara sah sebanyak 110.520 dan suara tidak sah sebanyak 3.055.

Ketua KPU Kota Palangka Raya mengatakan hasil rekapitulasi penghitungan suara yang diperoleh telah diterima saksi paslon nomor urut 1, saksi paslon nomor urut 2 dan Bawaslu Kota Palangka Raya. Selanjutnya, KPU Kota Palangka Raya bersiap menyampaikan hasil penghitungan suara pada sidang pleno rekapitulasi pemungutan dan penghitungan suara  tingkat Provinsi Kalimantan Tengah pada Jum’at besok.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00