FOKUS: #PILKADA 2020

Memasuki Batas Akhir Penghitungan Suara Pilkada Kalteng, Dua Paslon Beda Tipis

KBRN, Palangka Raya : Rapat Pleno tingkat Provinsi Kalimantan Tengah tentang hasil perolehan suara pada pemilihan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Tengah, sudah hampir rampung, ditargetkan paling cepat tanggal 16 Desember dan paling lambat tanggal 20 Desember 2020, semua Kabupaten dan Kota se Kalimantan Tengah, wajib merampungkan hasil.

Komisioner KPU Kalimantan Tengah Wawan Wiratmaja meminta masyarakat bersabar menunggu hasil real count dari KPU, sebab hingga saat ini 13 Kabupaten dan 1 Kota, tengah berpacu waktu menyelesaikan penghitungan, baik secara manual dan digital, diharapkan sebelum tanggal 20 Desember, sudah dapat diketahui hasilnya, terkait siapa Gubernur terpilih.

Ia menghimbau semua peserta pemilu, terlebih paslon, harus legowo menerima hasil pemillihan serentak Kepala Daerah, karena prosesnya sangat demokrasi sesuai hati nurani masyarakat, tanpa ada intimidasi dari segelintir oknum.

Sementara itu, di tempat terpisah, Pengamat Politik Dari Universitas Palangka Raya Professor. Drs. Kumpiadi widen, S.Sos. Memberikan apresiasi kepada penyelenggaran Pemilu, karena berlangsung tertib dan damai, sehingga masyarakat merasa nyaman datang ke TPS, meskipun sebelumnya sempat dihantui wabah covid 19.

Ia menambahkan, siapapun yang terpilih dalam Pilkada Kalteng, dialah pilihan 1 juta lebih masyarakat Kalteng, dan menjadi pemimpin untuk semua golongan, bukan lagi pemimpin per kelompok apalagi ada kaitannya dengan SARA, karena berbeda pilihan dalam proses demokrasi dianggap sesuatu hal yang wajar, jangan ada dendam saat diberikan amanah memimpin Kalteng selama 5 tahun mendatang, daerah yang tidak mendukung dalam Pilkada, wajib diperhatikan secara adil dan merata, agar tidak terkesan pilih kasih.

Sementara itu, daerah yang selesai 100 persen penghitungan dan sudah di plenokan yakni kota Palangka Raya, dari total 5 Kecamatan, paslon no urut 1 mendapatkan 59.274 suara, sedangkan paslon no urut 2 mendapat : 51.246 suara, Adapun data yang sudah masuk di seluruh Kalteng, sebanyak 5 ribu 69 TPS dari total keseluruhan 6 ribu 45 TPS yang masuk mencapai 83,85 persen. Suara masuk untuk Paslon No 1 : Ben Brahim berpasangan dengan Ujang Iskandar sebanyak : 49.3 persen sedangkan paslon no 2 : Sugianto Sabran berpasangan dengan Edy Pratowo sebanyak 50.7 persen.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00