FOKUS: #PILKADA 2020

Pemungutan Suara Ulang Pilgub Kalteng 2020, Dilima TPS ditiga Kabupaten

KBRN, Palangka Raya : Lima TPS ditiga Kabupaten telah melakukan Pemungutan Suara Ulang (PSU) karena terdapat permasalahan. Berdasarkan Data KPU Provinsi Kalimantan Tengah, Kabupaten Kotawaringin Barat ada satu TPS yang PSU yaitu TPS lima, Desa Pasir Panjang Kecamatan Arut Selatan, sebanyak 378 DPT dan Surat Suara, kemudian Di Kabupaten Barito Utara TPS enam Desa Hajak dan TPS 10 Kelurahan Melayu Kecamatan Teweh 727 DPT dan Surat Suara, sedangkan di Kabupaten Kotawaringin Timur TPS duapuluh Mentaya Baru Hilir Kecamatan Mentaya Baru Ketapang 404 DPT dan surat suara dan TPS delapan Baamang Hilir Kecamatan Baamang 336 DPT dan surat suara.

"Saya rasa dilakukan Pemungutan Suara Ulang dibeberapa TPS di Kabupaten itu karena ada temuan, permasalahan diketemukan Pengawas TPS (PTPS) dilapangan. Salah satunya ada Pemilih mencoblos hanya memakai KTP-el namun tidak terdaftar di DPT, padahal sudah diingatkan oleh Pengawas, namun dilayani oleh KPPS, sehingga hal ini dilaporkan ke Bawaslu karena melanggar aturan PKPU, kemudian setelah dicek kebenarannya benar terdapat pelanggaran,"ujar Ketua Bawaslu Kalteng,Satriadi, Senin (14/12/2020).

Sementara, Menurut Pengamat Politik,Prof.Kumpiadi Widen peristiwa seperti ini selalu terjadi pada saat pesta demokrasi tiba, selalu dimanfaatkan oleh oknum untuk memenangkan salah satu paslon.

"kedepannya perlu pengawasan yang cukup ketet dan memberi pemahaman terhadap petugas dilapangan khususnya di TPS agar memahami segala tugas dan aturan main dari PKPU itu sendiri, guna meminimalisir pelanggaran,"ucapnya.

Kelima TPS sudah melakukan Pemungutan Suara Ulang, di Kobar dilaksanakan Sabtu, 12 Desember 2020, sedangkan di Barut dan Kotim PSU Minggu 13 Desember 2020, semuanya sudah berjalan aman dan lancar tidak ada kendala.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00