FOKUS: #PILKADA 2020

Hasil Penghitungan Suara Sementara Pilgub Kalteng 2020

KBRN, Palangka Raya : Berdasarkan hasil penghitungan suara sementara 'Sirekap' hitung cepat KPU RI per 14 Desember 2020 terhadap kedua pasangan calon (Paslon) Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Tengah. Dimana paslon nomor urut 1 Ben Brahim S.Bahat-Ujang Iskandar memperoleh 48,7 persen, sedangkan Paslon nomor urut dua Sugianto Sabran-Edy Pratowo memperoleh 51,3 persen. 

Sebanyak 4.631 TPS yang sudah melakukan penghitungan dari 6.045 TPS yang ada artinya sudah 76,61 persen suara masuk dalam penghitungan sementara di sirekap KPU hingga saat ini.

"Saya mengajak masyarakat Kalimantan Tengah agar bersabar menunggu hasil penghitungan resmi dari KPU untuk menentukan siapa pemenangnya di Pilkada nanti, karena sesuai jadwal KPU Rekapitulasi penghitungan suara Pilkada secara manual itu terdaftar pada 16 hingga 20 Desember 2020 dan sudah diumumkan,"ujar Ketua Bawaslu Kalimantan Tengah, Satriadi kepada RRI, Senin (14/12/2020).

Hal senada diutarakan Pengamat Politik, Prof.Kumpiadi Widen penghitungan cepat (quick count) yang dilakukan beberapa peneliti ada baiknya.

"Saya rasa quick count itu ada benarnya tapi ada juga tidak benarnya, terkadang bisa terbalik hasilnya, maka dari itu kita tunggu saja hasil resminya dari KPU, saya menghimbau kepada masyarakat agar bersabar menunggu hasil penghitungan secara manual (real caount) dari KPU untuk menentukan siapa yang terpilih jadi pemimpin nantinya, jika ada paslon saling klaim jadi pemenang itu soal biasa terjadi,"ucapnya.

Bawaslu dan Pengamat Politik menghibau masyarakat dan tim sukses agar sama sama menjaga demokrasi yang terbuka ini dengan damai, sehingga tercipta pemilu yang berkualitas dan terpilihnya pemimpin yang amanah.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00