Debat Ketiga, Paslon Diharapkan Keluarkan Maklumat Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik

KBRN, Palangka Raya: Dalam debat ketiga Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Tengah nanti malam diharapkan ada maklumat yang disampaikan pasangan calon terkait peningkatan kualitas pelayanan publik.

Hal tersebut disampaikan Kepala Ombudsman RI Perwakilan Kalimantan Tengah, R. Biroum Bernardianto, dalam Dialog Kalteng Menyapa RRI Palangka Raya, Rabu (02/12/2020) pagi.

Menurut Kepala Ombudsman RI Perwakilan Kalteng masih banyak daerah pemekaran di Kalteng yang kinerja pelayanan publiknya masih belum optimal dan belum memuaskan.

“Bagi kami harusnya mereka dapat meyakinkan calon pemilih, bahwa kepemimpinan mereka nanti orientasinya pada kepuasan masyarakat. Program apa yang ditawarkan. Tata laksana, kelembagaaan, SDM. Tawaran program yang menarik,” ujarnya.

Biroum juga menyoroti soal pelaksanaan debat-debat sebelumnya yang belum dimaksimalkan kedua pasangan calon untuk beradu program. Menurutnya, upaya saling serang dan hanya fokus menjelekkan pribadi satu sama lain tidaklah efektif menarik minat pemilih.

Senada dengan Kepala Ombudsman RI Perwakilan Kalteng, Pengamat Sosial Politik Kalimantan Tengah, Gumarang, menilai peningkatan pelayanan publik sangat penting dan mendasar untuk dibahas dalam debat kepala daerah Kalimantan Tengah.

Di sisi lain, Gumarang menyampaikan harapan agar kedua pasangan calon nantinya dapat beradu argumen dalam penyelesaian masalah-masalah yang eksis di Kalimantan Tengah.

“Jangan bersifat normatif tapi lebih banyak mengupas gagasan paslon. Semoga mereka leluasa menyampaikan gagasan kerangka pemikiran bagaimana memajukan Kalteng. Mengupas permasalahan di daerah dan solusi. Banyak permasalahan yang terjadi di Kalteng ini,” ujarnya.

Debat publik ketiga pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Kalteng tahun 2020 akan berlangsung Rabu malam. Pasangan calon Nomor urut 1 Ben Brahim S. Bahat-H. Ujang Iskandar dan paslon nomor urut 2 H. Sugianto Sabran-Edy Pratowo akan diadu gagasannya terkait reformasi birokrasi, penegakan hukum, dan kualitas pelayanan publik di Kalteng.

Acara debat akan berlangsung pukul 19.30-21.30 WIB dan disiarkan langsung di TVRI Kalimantan Tengah dan RRI Palangka Raya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00