KPU Kalteng Distribusikan Pengganti Surat Suara Rusak 6.796 Lembar

KBRN, Palangka Raya : Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Kalimantan Tengah mendistribusikan penggantian surat suara, baik yang rusak atau cacat maupun yang kurang. 

Ketua KPU Prov Kalteng Harmain Ibrohim menjelaskan ada sekitar 6.796 lembar surat suara yang digantikan. Terdiri dari 3.806 surat suara yang rusak atau cacat, dan 2.990 surat suara yang kurang.

"Iya hari ini kita distribusikan ke KPU Kabupaten/kota yang telah mengajukan surat suara yang rusak maupun yang kurang ke KPU Provinsi, sekarang KPU Kabupaten/kota datang ke KPU Provinsi mengambil surat suara sesuai pengajuan, surat suara yang rusak atau cacat ditemukan hasil sortir dan pelipatan," ucap Harmain Ibrohim kepada RRI disela sela penyerahan surat suara, Senin (30/11/2020).

KPU Kabupaten/Kota bergiliran mengambil penggantian surat suara tersebut, termasuk KPU kota palangka Raya hanya kekurangan 734 surat suara dan sudah diambil Ketua KPU Kota P.Raya Ngismatul Choiriyah di KPU Provinsi.

"Hasil sortiran dan pelipatan surat suara oleh petugas penyortiran terdapat 734 surat suara yang rusak, hari ini sudah diganti sesuai pengajuan,"tuturnya.

Penyerahan surat suara juga disaksikan oleh Bawaslu tiap Kabupaten/kota. Menurut penilaian Ketua Bawaslu Kabupaten Katingan, Dadang dalam proses pendistribusian penggantian surat suara yang rusak maupun yang kurang, KPU Provinsi sudah menjalankan sesuai aturan.

"Saya melihat langsung surat suara yang diganti semua sudah baik tidak ada yang rusak, khusus surat suara untuk KPU Katingan aman sudah diambil sesuai pengajuan," ujar Dadang saat mendampingi KPU Katingan sekaligus mengawasi pengambilan penggantian surat suara di KPU provinsi.

Adanya penggantian surat suara yg rusak maupun yang kurang diharapkan seluruh KPU Kabupaten/kota agar mengkondisikan surat suara yang ada dibagi sesuai DPT di TPS, sehingga tidak ada lagi kendala bagi kpu kab/kota terkait surat suara.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00