Polda Kalteng Siapkan Personil PAM Pilkada, Bebas Dari Covid 19

KBRN, Palangka Raya : Kepolisian Daerah Kalimantan Tengah siap menerjunkan personilnya yang sudah dinyatakan bebas dan steril dari covid 19. Mereka siap ditempatkan dalam operasi pengamanan di tiap Tempat Pemungutan Suara di Kalteng.

Kepada RRI, Kabid Humas Polda Kalimantan Tengah Kombes Pol Hendra Rohmawan, Senin (31/11/2020) mengatakan, sebagian jajaran Polda Kalteng siap di BKO-kan untuk kebutuhan di tiap TPS di polres Palangka Raya. Polda Kalteng telah melakukan pemeriksaan rutin berkala kepada seluruh anggota sebagai upaya Pengamanan TPS. Mereka sudah dites dan dinyatakan bebas dari covid 19 dalam gelaran pengamanan ini. Polda kalteng juga telah memilih personil yang memiliki rentang umur di bawah 50 tahun yang diyakini lebih bugar dan lebih kuat melakukan penjagaan. Selain juga dari pihak kepolisian sudah menyiapkan Alat Perlindungan Diri atau APD dan peralatan penunjang lainnya.

“ Diharapkan para personil ini nantinya mampu berdaya guna dan berhasil guna menjalankan operasi pengamanan yang termaktub dalam Operasi Mantab Praja atau (OMP),” jelasnya.

Sementara itu, Komisioner KPU Kalteng , Wahyu Setia Budi, mengungkap sebelum melakukan pemungutan suara, anggota KPPS akan ditest kesehtan . Jika nantinya didapati reaktif atau suspek maka petugas bisa diberhentikan dalam bertugas. Selain itu juga para petugas diharuskan memakai masker, pelindung wajah dan pelindung tangan .

“Ini semua protokol yang harus ditaati agar menjamin pilkada yang sukses, sehat dan selamat dari covid 19,” jelasnya.

Segenap persiapan dan upaya yang dilakukan pihak penyelenggara pemilu memang layak untuk diapresiasi. Kini tinggal ketertiban dan ketaatan masyarakat untuk menyalurkan hak pilihnya dengan mematuhi protokol kesehatan dan mejaga agar tidak ada kerumunan masaa saat pemungutan suara. (NATA)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00