Setahun Pemerintahan Jokowi-Ma'ruf : Perkuat Koordinasi Kepala Daerah dan Pusat

KBRN, Palangka Raya : Sejumlah catatan dan penilaian mengiringi perjalanan satu tahun Pemerintahan Joko Widodo dan Maaruf Amin. Selama setahun ini banyak sekali kebijakan yang menuai pro dan kontra dalam melakukan pembangunan di sejumlah bidang seperti kesehatan, pendidikan, ekonomi dan sebagainya.

Kepada RRI, salah satu akademisi senior Universitas Palangka Raya, Profesor Danes Jayanegara, Minggu (25/10/2020) mengungkap posisi Wakil Presiden Ma’aruf Amin selama setahun ini kurang terlihat. Wakil Presiden seolah tidak dilibatkan dalam pengambilan keputusan dan semuanya sekan bertumpu ke sang Presiden. Catatan lainnya adalah soal koordinasi dan peran Kepala Darah seperti Gubernur, Walikota dan Bupati yang harusnya bisa menjadi kepanjangan tangan kebijakan pusat . sementara yang terjadi kepentingan daerah dengan kepentingan pemerintah pusat sering tidak sejalan dan bertentangan. Inilah yang perlu menjadi catatan dan evaluasi agar pemerintah ke depan lebih maksimal. Selain itu yang menjadi tantangan pemerintah pusat yang terdekat adalah masalah pilkada yang dilakukan di masa pandemic.

“ Ini menjadi tantangan hak peneyelenggara untuk bisa menjamin penyelenggaraanya aman dari kluster baru covid 19,” jelasnya,

Lebih jauh,  Profesor Danes juga mencatat kebijakan proaktif Pemerintah seperti berencana membangun lumbung pangan atau food estate di Kalimantan Tengah. Ia mengingatkan soal menurunnya produksi pangan nasional yang harus diantisipasi sesegera mungkin. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00