Kongres Masyarakat Dayak Tidak Ada Unsur Politik

KBRN, Palangka Raya : Kongres Masyarakat Dayak Lintas Daerah Aliran Sungai (DAS) Kalimantan Tengah 2020 dengan tema Penguatan Peran Masyarakat Dayak Dalam Pembangunan Kalimantan Tengah di Segala Bidang, berakhir pada Sabtu (19/9/20).

Berdasarkan hasil kongres yang telah disepakati bersama dari  berbagai golongan Dayak, terkhusus warga akar rumput bawah, adanya kemajuan warga Dayak.

Menurut Sekretaris Kongres Abi Abdianor kepada sejumlah wartawan, kegiatan ini murni atas inisiasi dari warga akar rumput bawah Dayak di Kalteng, sehingga tidak ada unsur politik di dalamnya.

Abi pun meminta, kegiatan tersebut jangan dikait-kaitkan dengan momentum Pilkada yang akan dilaksanakan pada tanggal 9 Desember mendatang.

Menurut Abi, ada sekitar 2.000 peserta yang telah mendaftarkan diri. Dari ribuan tersebut, terpilih sekitar 700 perwakilan yang menyepakati hasil dari kongres itu. 

"Kami tegaskan tidak ada unsur politik dalam penyelenggaraan kongres perdana ini. Murni dari inisiasi dari warga akar rumput bawah. Bagi siapa saja bakal calon yang ingin berpartisipasi, silahkan datang. Kami tidak berhak menolak. Hasil dari kongres bersifat musyawarah bersama yang nantinya akan kami sampaikan ke pusat," tambah Abi, Minggu (20/9/20).

Sementara itu, Wakil Ketua Panitia Kongres, Ingkit Djaper menegaskan, pihaknya akan segera mendesak pemerintah pusat bisa memberikan jabatan kepada putra asli daerah agar bisa menjabat sebagai Kapolda dan Danrem, seperti salah satu poin yang tercantum di dalam  kesepakatan bersama.

Namun, hal tersebut dijelaskan Ingkit, bisa terwujud apabila putra putri asli Dayak Kalteng diprioritaskan dalam penerimaan akademi militer dan Pendidikan Tinggi Ilmu Kepolisian (PTIK).

"Apabila semua itu bisa terakomodir, maka upaya peningkatan eksistensi masyarakat suku Dayak dapat terwujud. Sehingga asas pemerataan yang selama ini digaungkan oleh pemangku kebijakan di Jakarta, memang benar dan nyata dilakukan," pungkasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00