Partai Nasdem Tegaskan Anut Prinsip Politik Tanpa Mahar

KBRN, Palangka Raya: Sejumlah pemimpin di Kalimantan Tengah yang mendaftar ke Partai Nasional Demokrat (Nasdem) sebagai bakal calon gubernur dan wakil gubernur Kalteng pada Pilkada 2020 hadir dalam Rapat Konsolidasi Partai Nasdem se-Kalteng. 

Mereka yang mendaftar ke Nasdem sebagai bakal calon gubernur dalam Pilkada 2020 yang tampak hadir yakni Gubernur Kalteng Sugianto Sabran dan Abdul Razak. Nampak hadir pula mereka yang mendaftar ke Nasdem sebagai bakal calon wakil gubernur yakni Sipet Hermanto dan Ujang Iskandar. 

Wakil Ketua DPP Partai Nasdem, Ahmad Ali, menegaskan dalam menentukan bakal calon kepala daerah yang akan diusung pihaknya menganut prinsip politik tanpa mahar. 

"Karena ini keinginan masyarakat Indonesia maka sikap politik seperti itu akan tetap kita laksanakan," ujarnya di sela-sela Rapat Konsolidasi Partai Nasdem se-Kalteng pada Jum'at (6/12/2019) malam di Palangka Raya. 

Menurutnya, politik tanpa mahar tidak sekadar ada untuk membangun citra partai Nasdem, namun bagian dari upaya untuk meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap partai politik. 

Ahmad Ali menambahkan dalam menentukan siapa yang akan diusung partai Nasdem pada Pilkada tahun depan akan bergantung dari hasil survei. Kerja sama dilakukan Nasdem dengan delapan lembaga survei.

Hal senada disampaikan Ketua DPW Partai Nasdem Kalteng, Faridawaty Darland Atjeh. Menurutnya, partai Nasdem tidak pernah meminta bayaran kepada bakal calon kepala daerah pada saat penjaringan.  

"Nanti hasil surveinya akan kita lihat peluang-peluangnya. Tidak harus dia peringkat pertama, tapi kita lihat peluang-peluangnya," ujarnya. 

Tercatat ada 13 nama yang mendaftar ke Partai Nasdem menjadi bakal calon gubernur dan wakil gubernur Kalteng. 

Delapan nama mendaftar sebagai bakal calon gubernur yakni Sugianto Sabran, Prof. Danes Jaya Negara, Mugeni, Abdul Razak, Kaji Kelana Usop, Asdy Narang, Ben Brahim S. Bahat, dan Willy Midel Yoseph. Selanjutnya lima nama yang mendaftar sebagai bakal calon wakil gubernur ke partai Nasdem yakni Sipet Hermanto, Satya Titiek Atyani Djoedir, Suel, Marukan dan Ujang Iskandar. 

Partai Nasdem di Kalteng sendiri memiliki 5 kursi di DPRD. Sementara syarat untuk bakal calon gubernur dan wakil gubernur yang diusung partai politik harus didukung minimal 9 kursi.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00