Pemprov Kalteng Gelar Kegiatan Pendidikan Politik Kebangsaan

KBRN, Palangka Raya: Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah bersinergi dengan pemerintah kabupaten/kota untuk meningkatkan peran serta masyarakat dalam demokrasi menyongsong Pemilu Serentak Tahun 2024.

Hal itu disampaikan Gubernur Kalteng, Sugianto Sabran, dalam sambutan tertulis yang dibacakan oleh Staf Ahli (Sahli) Gubernur Kalteng Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik, Herson B. Aden, pada acara pembukaan kegiatan pendidikan politik kebangsaan di aula Bappeda Kabupaten Barito Selatan, Jumat (4/3/2022).

“Pemilu merupakan salah satu pilar demokrasi dan sebagai salah satu metode dalam pergantian elite politik baik itu melalui Pileg maupun Pilpres dan Pilkada, peran serta masyarakat, LSM, partai politik, tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh adat dalam proses politik sangat menentukan,” ungkap Herson.

Ia menyatakan bahwa Pemprov Kalteng maupun Pemkab Barito Selatan mempunyai kewajiban dalam pembinaan politik di daerah. “Partisipasi masyarakat pemilih di Kalimantan Tengah terhadap keikutsertaan dalam Pilkada tahun 2019 yang lalu sebesar 77,5 persen di atas target Nasional,” imbuhnya.

Melalui kegiatan pendidikan politik kebangsaan ini diharapkan nantinya dapat menghasilkan masyarakat yang memiliki kecerdasan politik. Tidak hanya menjadi obyek dalam pesta demokrasi, namun menjadi subyek yang kritis dalam menentukan pilihan politik sekaligus menjadi pendorong pendewasaan politik untuk memperjuangkan aspirasi rakyat, bukan kepentingan perorangan ataupun kelompok.

“Perlu saya ingatkan bahwa pada tahun 2024 yang akan datang kabupaten dan kota termasuk Kabupaten Barito Selatan bersama Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah akan menggelar 2 agenda besar pemerintah. Pertama Pemilu Legislatif serta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden yang akan dilaksanakan pada tanggal 14 Februari 2024, dan kedua Pilkada serentak seluruh Indonesia baik Pemilihan Gubernur/Wakil Gubernur, Pemilihan Bupati/Wakil Bupati serta Wali kota/Wakil Wali Kota yang akan dilaksanakan pada 27 November 2024,” tandasnya.

Untuk itu, diharapkan peran serta semua pihak untuk berperan aktif dan turut menyukseskan Pemilihan Umum tersebut menggunakan hak pilih dengan sebaik-baiknya sesuai hati nurani masing-masing.

“Saya berharap saudara-saudara dapat mengikuti kegiatan ini dengan baik sehingga dapat menambah wawasan dan membangun kedewasaan berpolitik menuju Pemilu yang LUBER dan JURDIL demi menjaga harkat dan martabat serta kewibawaan masyarakat Kalimantan Tengah,” tutupnya.

Hadir sebagai narasumber Asisten Pemerintahan dan Kesra Setda Provinsi Kalteng Katma F. Dirun dan Kepala Badan Kesbangpol Kabupaten Barito Selatan Edi Suharto. Turut hadir pula Plt. Kepala Badan Kesbangpol Provinsi Kalteng Andi Arsyad.

Kegiatan diikuti sebanyak 70 peserta terdiri dari berbagai elemen diantaranya para pelajar, LSM, anggota Parpol, tomas, toga dan todat setempat. (Sumber: MMC Kalteng)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar