Dana Pilkada Serentak 2024 Sharing Provinsi dan Kabupaten/Kota

KBRN, Palangka Raya: Dana yang diajukan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Kalimantan Tengah untuk Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2024 jauh lebih kecil dibandingkan Pilkada 2020 lalu. 

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Kalimantan Tengah, Harmain Ibrohim, mengatakan dalam Pilkada Serentak 2024 hampir semua kabupaten/kota di Kalteng melaksanakan pesta demokrasi.

Untuk itu, KPU kabupaten/kota juga mengajukan Rencana Anggaran Biaya (RAB) kepada pemerintah daerah masing-masing. Dengan demikian, kebutuhan anggaran dapat terpenuhi dengan sharing atau pembagian antara provinsi dan kabupaten/kota.

“Pada dasarnya kan kalau kemarin Rp 249 milyar itu sama saja kita melaksanakan Pilgub di 13 kabupaten minus Kotim ya. Sama kita membiayai pada dasarnya setelah kita kumpulkan dengan kabupaten/kota dananya sekitar Rp 249 milyar juga setelah ini. Kalau kemarin kan karena kabupaten/kota tidak melaksanakan hanya Kotim saja akhirnya segitu itu,” katanya.

Pelaksanaan pemilihan kepala daerah serentak 2024 yang ditetapkan tanggal 27 November 2024 akan memilih gubernur dan wakil gubernur kalteng, serta memilih bupati/wali kota dan wakil bupati/wakil wali kota di Kalimantan Tengah.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar