Dana Pilkada Serentak 2024 Lebih Sedikit Dibandingkan 2020

KBRN, Palangka Raya: Perhelatan akbar pesta demokrasi serentak 2024 membutuhkan dana yang cukup besar. Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah bahkan telah mencadangkan anggaran untuk pelaksanaan pemilihan kepala daerah serentak dua tahun mendatang.

Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Tengah, Nuryakin, mengatakan peraturan daerah tentang dana cadangan pemilihan kepala daerah 2024 sedang diproses bersama DPRD.

Namun menurut Nuryakin, biaya yang harus dikeluarkan Pemprov untuk Pilkada Serentak 2024 lebih sedikit dibandingkan Pilkada sebelumnya. Pasalnya, masing-masing kabupaten/kota yang melaksanakan Pilkada Serentak 2024 juga mempersiapkan anggaran bagi pelaksanaan Pilkada.

“Karena kalau dulu kita bicara satuannya adalah pemilihan gubernur yang dibiayai semuanya oleh provinsi, tapi karena ini menyangkut Pilkada serentak tentunya ada kontribusi pemerintah pusat dan juga pemerintah kabupaten/kota, sehingga biayanya kita upayakan seefisien dan seefektif mungkin,” ujarnya, Senin (15/2/2022) malam.

Hingga saat ini, Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah masih menunggu pengajuan anggaran dari Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) dan aparat keamanan.

Sementara itu, Pj. Sekda Kalteng menyebut jumlah anggaran yang diajukan KPU Provinsi Kalimantan Tengah sebesar Rp 87 milyar untuk pelaksanaan Pilkada Serentak 2024.

Besaran anggaran yang diajukan KPU Kalteng ini jauh lebih kecil apabila dibandingkan pada Pilkada Serentak 2020 lalu yang mencapai Rp 249 milyar. (Gambar: liputan6)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar