Peluncuran Hari Pemungutan Suara Pemilu Serentak 2024

KBRN, Palangka Raya: 14 Februari 2024 ditetapkan sebagai Hari Pemungutan Suara Pemilu Serentak Tahun 2024. Acara peluncuran Hari Pemungutan Suara Pemilu Serentak Tahun 2024 berlangsung secara Hybrid yakni daring dan luring pada Senin (14/2/2022) malam.

Ketua KPU RI, Ilham Saputra, dalam sambutannya mengatakan kegiatan peluncuran Hari Pemungutan Suara Pemilu Serentak 2024 diikuti komisioner KPU bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) se-Indonesia secara daring.

"Dengan dilaksanakannya kegiatan hari ini kita berharap kemudian masyarakat aware terhadap pelaksanaan pemilu tahun 2024 akan dilaksanakan pada tanggal 14 Februari 2024. Ini seperti sosialisasi kepada masyarakat agar masyarakat paham dan aware dan kemudian ikut berpartisipasi dalam penyelenggaraan pemilu tahun 2024 mendatang," ujarnya.

Seperti diketahui, bulan lalu DPR RI, pemerintah, dan penyelenggara Pemilu sepakat bahwa penyelenggaraan pemungutan suara pemilu untuk memilih presiden dan wakil presiden, anggota DPR RI, DPRD provinsi, DPRD kabupaten/kota, serta anggota DPD RI dilaksanakan pada Rabu, tanggal 14 Februari 2024.

Acara peluncuran Hari Pemungutan Suara Pemilu Serentak Tahun 2024 juga diikuti secara daring dari halaman Kantor KPU Provinsi Kalimantan Tengah. Selain komisioner KPU dan Bawaslu, turut berkesempatan hadir Penjabat Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Tengah Nuryakin serta yang mewakili Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kalteng dan perwakilan dari partai politik.

Ketua KPU Provinsi Kalimantan Tengah, Harmain Ibrohim, mengatakan tahapan Pemilu Serentak akan dimulai pada pertengahan tahun ini.

“KPU sudah mengeluarkan surat keputusan terkait hari pemungutan suara ini. Dan tahapannya akan dimulai sekitar bulan Juni 2022 nanti. Mulai dengan perencanaan program. Kemudian di bulan Agustus itu pendaftaran partai politik,” tuturnya.

Sementara itu, pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah Serentak termasuk pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalteng akan dilaksanakan pada 27 November 2024.

Usai mengikuti kegiatan launching, Pj. Sekda Kalteng, Nuryakin, mengatakan pemerintah daerah sudah mempersiapkan dana cadangan melalui Peraturan Daerah untuk menyukseskan pesta demokrasi ini.

“Kita bersama-sama hadir di halaman Kantor KPU Provinsi Kalimantan Tengah dalam rangka launching Pilkada Serentak yang sudah kita saksikan bersama. Tentunya harapan pemerintah daerah bahwa kegiatan Pilkada Serentak ini bisa berjalan dengan sukses,” ucapnya.

Pj. Sekda Nuryakin mengungkapkan KPU Provinsi Kalimantan Tengah telah mengajukan anggaran sebesar Rp 87 milyar untuk pelaksanaan Pemilihan Umum Kepala Daerah Serentak 2024.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar