DPRD Berjanji Segera Tindaklanjuti Tuntutan Aliansi Masyarakat Gumas

KBRN, Palangka Raya: Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Kalimantan Tengah menerima aspirasi Aliansi Masyarakat Gunung Mas terkait kerusakan jalan Palangka Raya-Kuala Kurun. Pelanggaran oleh perusahaan besar swasta yang kerap melintasi jalan umum dengan angkutan melebihi kapasitas disebut sebagai penyebab kerusakan jalan. 

Ketua DPRD Provinsi Kalimantan Tengah, Wiyatno, mengatakan selain menyampaikan tuntutan, Aliansi Masyarakat Gunung Mas menawarkan solusi. 

Dikatakan, pengunjuk rasa menuntut agar perusahaan wajib membuat jalan khusus sesuai Perda 7 Tahun 2012, namun sementara jalan tersebut dibangun perusahaan boleh menggunakan jalan umum dengan batas maksimal satu tahun.

"Aspirasi ini sudah kita terima dan akan kita tindaklanjuti dan berkoordinasi dengan Forkopimda Kalteng dan kita akan memanggil pihak perusahaan yang menggunakan jalan ini. Mudahan secepatnya bisa kita laksanakan ini. Saya berharap sebelum memasuki tahun 2022 kita sudah ketemu dengan pihak perusahaan yang menggunakan jalan umum itu," tuturnya, Kamis (16/12/2021).  

Konsorsium yang sudah terbentuk diakui belum berjalan dan akan dievaluasi. 

Sementara itu, lanjut Wiyatno, Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah telah menganggarkan dana multi years untuk perbaikan jalan Palangka Raya-Kuala Kurun senilai kurang lebih Rp 180 milyar. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar