Ary Egahni: Kalteng Tambah PAD Kalsel 53 Milyar Sebulan Melalui Pajak di Trisakti

KBRN, Palangka Raya: Anggota DPR RI Daerah Pemilihan Kalimantan Tengah, Ary Egahni Ben Bahat, satu suara dengan Bupati Kapuas Ben Brahim S. Bahat soal Pelabuhan Batanjung yang harus segera dioperasionalkan.

Sebelumnya Bupati Ben Brahim mengatakan Pemkab Kapuas menyiapkan anggaran pada 2022 untuk mulai pembangunan jalan menuju Pelabuhan Batanjung.

Sementara, pada kegiatan Musrenbang RPJMD 2021-2026 Provinsi Kalimantan Tengah beberapa waktu lalu, Ary Egahni mengatakan pemerintah daerah di Kalteng harus memikirkan agar Pelabuhan Batanjung dapat segera berfungsi. 

Istri Bupati Ben Brahim ini mengatakan ada 10 kabupaten/kota di Kalteng yang hingga saat ini tergantung dengan Pelabuhan Trisakti di Kalimantan Selatan.

“Bayangkan perputaran uang dan ekonomi di Pelabuhan Trisakti yang notabene daru 10 kabupaten/kota ini masuk ke sana itu satu bulan pajak untuk PAD Kota Banjarmasin saja kalau tidak salah by data yang saya dapat adalah Rp 53 milyar,” ungkapnya. 

Anggota DPR RI Dapil Kalteng ini menambahkan selisih jarak tempuh  antara wilayah Kalteng ke Pelabuhan Trisakti dengan wilyah Kalteng ke Pelabuhan Batanjung kurang lebih 79 km. 

"Oleh karena itu bagaimana kita memikirkan supaya Pelabuhan Batanjung ini agar berfungsi. Pelabuhannya sudah ada tetapi infrastruktur jalan belum, karena Batanjung merupakan outlet bagi kawasan food estate," sambungnya.

Menurutnya dengan operasionalnya Pelabuhan Batanjung akan menimbulkan efek berganda seperti harga barang lebih murah karena jarak tempuh yang lebih pendek, biaya dapat ditekan dan akan meningkatkan PAD dari pelabuhan ini. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar