Luncurkan UCI MTB, Gubernur Kalteng Dorong Kesiapan Sebagai Tuan Rumah Kejuaraan Dunia

KBRN, Palangka Raya: Gubernur Kalimantan Tengah, Sugianto Sabran, mendorong agar seluruh jajaran dapat mempersiapkan event dunia yang akan dilaksanakan pada 28 Agustus mendatang di Kota Cantik Palangka Raya. 

Hal tersebut disampaikan orang nomor satu di Bumi Tambun Bungai saat meluncurkan UCI MTB Eliminator World Cup 2022 di Aula Jayang Tingang Kantor Gubernur Kalteng, Selasa (5/7/2022). 

Menurut Gubernur Kalteng Sugianto Sabran, warga Kalteng harus bersyukur atas kepercayaan yang diberikan sebagai tuan rumah, lantaran event ini merupakan pertama kali dilaksanakan di Asia dan Indonesia. 

Untuk itu kepercayaan ini harus disambut dengan kerja keras dan semangat Isen Mulang.

"Ini bukan kejuaraan lokal tapi dunia. Harus mempersiapkan diri. Ini pertama kali dilaksanakan di Asia dan Indonesia ditunjuk perdana sebagai tuan rumah. Saya minta dari ISSI Kalteng dan jajaran didukung Pemprov Kalteng serta Pemko Palangka Raya siap menyambut kejuaraan ini," katanya saat launching di aula.

Usai peluncuran UCI MTB World Cup Eliminator di Aula Jayang Tingang, dilanjutkan peninjauan langsung ke lokasi sirkuit di Jalan Tjilik Riwut kilometer 5 Kota Palangka Raya. 

Gubernur menyebut bahwa persiapan di lapangan saat ini terus dikejar dan targetnya dua minggu yang akan datang sudah rampung. 

Menurut Gubernur Sugianto Sabran kegiatan ini memerlukan anggaran sekitar Rp 17 miliar. Bantuan dana dari Bank Kalteng sebesar Rp 5 miliar dan selebihnya merupakan anggaran dari Pemprov Kalteng.

Tribun yang akan disiapkan untuk kegiatan tingkat internasional ini untuk sekitar 3 ribu orang. 

Diungkapkannya, dengan adanya event ini harapannya bisa menggerakkan ekonomi baik kuliner hingga industri kreatif bahkan berdampak pada penerbangan dan hotel hingga pariwisata. 

Melalui event ini juga Kalteng akan memperkenalkan diri sebagai paru-paru dunia pada masyarakat luas.

"Kalteng sebagai paru-paru dunia dan harus dijaga. Melalui event ini Kalteng akan dikenal. Pada event ini nanti juga akan menonjolkan kearifan lokal Bumi Tambun Bungai," tegasnya.

Pada kesempatan yang sama, Sekjen PB ISSI, Parama Nugroho, mengatakan pihaknya melihat Kalteng sudah siap menjadi tuan rumah perlombaan tingkat dunia ini. 

Pada pertengahan atau akhir Juli hingga awal Agustus akan dilakukan kejuaraan sepeda untuk pemanasan. 

"Setiap hari kami selalu berkoordinasi untuk memantau terus perkembangan pembangunan lintasan," ucapnya. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar