Meriahkan Festival Budaya Isen Mulang 2022, Lomba Menyumpit Digelar 21 Mei Di RRI

KBRN, Palangka Raya : Dalam rangkaian Festival Budaya Isen Mulang (FBIM) Lomba Menyumpit diadakan oleh Panitia dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun Provinsi Kalimantan Tengah ke 65. Lomba menyumpit akan dilaksanakan Sabtu 21 Mei 2022 di Kantor RRI Palangka Raya Jalan MH.Thamrin.

Kepada RRI, Koordinator Menyumpit Kota Palangka Raya, Bambang menyebutkan seluruh peserta yang akan mengikuti lomba menyumpit ini 14 Kabupaten/Kota Sekal Teng, Tiap Kabupaten/Kota akan mengirim utusannya atau atletnya sebanyak enam orang, sehingga total atlet yang akan berlomba sebanyak 84 atlet putra putri.

"tingkat kesulitan dalam memainkan sumpit itu kepokosan, anak sumpit dan hembusan yang perlu diperhatikan, meskipun demikian dia yakin tim Kota Palangka Raya mampu bersaing dengan tim lawan lainnya, jika dilihat dari persaingan, seluruh atlet sudah memiliki kemampuan menyumpit, semua merata, sehingga sulit diprediksi siapa yang akan juara nantinya,"kata Bambang. Kamis (19/05/2022).

Sementara Salah satu atlet Menyumpit Barito Utara, Puspa mengatakan pihaknya sudah siap untuk mengikuti lomba dihari sabtu nanti.

"Saya sudah sering mengikuti lomba menyumpit ini, sejak berkeluarga sudah tau menyumpit bahkan pernah menjuarai lomba menyumpit, sehingga dirinya bersama timnya yakin dapat menjuarai lomba nantinya,"tuturnya.

Saat ini seluruh atlet melakukan latihan dilapangan guna beradaptasi dengan lapangan agar pada saat lomba dimulai dapat bermain dengan maksimal dan memperoleh hasil maksimal.

"Lomba menyumpit ini dapat terus dilestarikan dengan cara mengadakan event seperti FBIM ini, bahkan jikalau diperkenankan dilaksanakan sejak usia dini perkategori pelajar atau usia, agar anak-anak juga tau budaya khas Kalteng salah satunya menyumpit,"tutupnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar