SENI KARUNGUT HARUS TERUS DI LESTARIKAN

KBRN, Palangka Raya ; Karungut adalah sebuah kesenian tradisional dari Kalteng. seni ini merupakan sastra lisan atau bisa juga disebut pantun yang dilagukan, bagi masyarakat Kalimantan Tengah, musik karungut juga dapat dijadikan teman penghibur dimalam hari, sambil merenung tentang kondisi terkini. 

Pimpinan sanggar Kesenian Karungut dan Deder Guru-guru Kalteng Harati Berkah,Guntur Talajan mengungkapkan ,karungut merupakan karya yang dijunjung masyarakat Dayak sebagai sastra besar klasik dan merupakan semacam pantun dan gurindam.

" Dalam setiap penampilan pelantun karungut mengisahkan syair2 kebajikan dengan meramu bermacam legenda, nasihat, teguran dan peringatan mengenai kehidupan sehari2," ungkap Guntur Talajan, Kamis,(04 Maret 2021)

Guntur Talajan menegaskan, pihaknya berama sanggar Kesenian Karungut dan Deder Guru-guru Kalteng Harati Berkah, merasa antusias adanya Program acara Budaya di Pro.4 RRI Palangka Raya, setiap hari Rabu pkl. 20.00 sampai pkl. 21.30 WIB, yang memberikan kesempatan para seniman Katungut menampilkan karya terbaiknya, setiap hari Rabu malam secara live.

Sebagai bentuk apresiasi, sanggar Kesenian Karungut akan berupaya dalam setiap tampil di  program Kesenian Daerah Pro.4 RRI Palangka Raya,  terus mengajak kalangan muda, seperti pelajar  Julian yang berusia 14 tahun membawakan karungut dengan judul Pahias., dan dari generasi muda Donly  dengan judul Rakyat Jelata. ( Suneta )

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00