Ciptakan Harmoni Sosial dengan Bijak Sikapi Perbedaan

KBRN, Palangka Raya:  Pemahaman masyarakat mengenai hak-hak dasar yang sama dimiliki setiap orang dapat menciptakan harmoni sosial di masyarakat. 

Demikian disampaikan Akademisi UMPR, Karyanti, saat berdialog bersama presenter Aquarini dalam acara Pengarusutamaan Gender di Pro 1 RRI Palangka Raya.

Karyanti menilai konsep dari harmoni sosial merupakan kondisi kehidupan individu yang hidup sejalan dan serasi dengan anggota masyarakat yang menjalani kodratnya masing-masing. 

"Kita bangga Indonesia salah satu negara dengan keanekaragaman yang kaya, dimana Indonesia terdiri dari suku bangsa, ras, etnis, dan agama yang berbeda-beda. Perbedaan-perbedaan di masyarakat  ini menyebabkan adanya perbedaan pandangan, tata cara, dan tingkah laku dalam melakukan kehidupan kesehariannya," kata Karyanti kepada RRI, Rabu(3/3/21).

Karyanti yang juga profesional counselor mengatakan bijak adalah kunci menyikapi perbedaan, seperti halnya pria dan wanita yang satu sama lain berbeda sikap ketika terlibat dalam emosi. Emosi merupakan perasaan dasar yang  ada pada manusia diantaranya marah, bahagia dan sedih. 

"Emosi seseorang baik pria dan wanita akan menimbulkan kesan tersendiri yang masing-masing tentu saja berbeda, intinya jadilah bijak," pungkasnya. (Aquarini/sep)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00