Kepesertaan KB di Kalteng Meningkat Tahun 2020

KBRN, Palangka Raya : Berdasarkan data Badan Kependudukan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Kalimantan Tengah tercatat ditahun 2020, ada peningkatan kepesertaan KB, tersebar diKabupaten/kota. 

Koordinator Bidang KB BKKBN Kalteng, Wanfrid menjelaskan didalam kepesertaan KB di Kalteng tahun lalu baru mencapai 16 persen lebih dari yang ditargetkan nasional 100 persen. Namun peningkatannya tak dapat disebutkannya.

"artinya baru ada sedikit peningkatan dari pencapaian target nasional. Adapun jenis KB yang dilayani di BKKBN yaitu KB Pil, KB Ayudi, KB Suntik, dan KB Implan,"sebut Wanfrid, Jumat (22/01/21).

Sementara Kegunaan semua KB itu untuk membatasi kelahiran dari anak pertama, kedua dan ketiga, dijelaskannya KB suntik pemakaiannya  1 bulan dan 3 bulan, sedangkan KB pil  tiap hari digunakan, KB implan itu dipakai selama tiga tahun, jika sudah tiga tahun harus diperiksa tiga tahun sekali.

"KB yang mendominasi adalah KB suntik dan KB pil, dibanding KB Implan dan KB Ayudi, terkadang masyarakat lebih paham cara memakai KB suntik dan KB PIL yang aman untuk digunakan,"cetusnya.

Jika ada ibu yang ingin mendaftar sebagai peserta KB, datang langsung ke Petugas lapangan yang ada di kelurahan atau datangi faskes untuk mendapatkan layanan KB secara gratis. 

"Bagi ibu-ibu dianjurkan jika ada kegiatan BKKBN untuk layanan KB agar dapat memanfaatkannya, karena dalam pelayanan akan mendapat ilmu pengetahuan terkait KB, sehingga paham memilih dan cara memakai kontrasepsi yang aman dan nyaman digunakan pada diri sendiri.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00