Tingkatkan Budaya Baca, Dispursip Kalteng Seleksi Duta Baca

KBRN, Palangka Raya: Guna meningkatkan minat baca masyarakat, Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah menggelar pemilihan Duta Baca kategori anak/remaja dan kategori dewasa.

Plt. Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Provinsi Kalteng, Sri Widanarni, mengatakan duta baca yang terpilih nantinya akan menjadi mitra pemerintah untuk mengkampanyekan dan mempromosikan gerakan nasional gemar membaca.

“Memilih figur atau role model dan motor penggerak dalam menumbuhkan kegemaran membaca baik di lingkungan pelajar, mahasiswa dan masyarakat sehingga dengan kegiatan ini, dengan dipilihnya duta baca ini diharapkan bisa meningkatkan budaya baca di kalangan masyarakat di Kalteng,” tutur Sri Widanarni dalam rilis pers via zoom meeting, Selasa (25/8/2020).

Pendaftaran pemilihan duta baca tingkat Provinsi Kalimantan Tengah telah dibuka sejak 15 Agustus dan akan ditutup pada Sabtu, 29 Agustus 2020.   

Dijelaskan proses penilaian pada pemilihan duta baca tingkat provinsi kalteng melalui tiga tahapan yakni pengisian formulir atau semacam seleksi berkas, kemudian wawancara yang dilakukan secara daring. Terakhir akan ada presentasi ide/gagasan tentang kampanye gemar membaca yang dilakukan dengan tatap muka. Pemilihan Duta Baca Kategori anak/remaja dengan batasan usia 10-17 tahun dan kategori dewasa 18-45 tahun.

Di lain pihak, Kepala Bidang Pemberitaan LPP RRI Palangka Raya, Sudiarto, menyambut baik upaya Pemprov Kalteng meningkatkan minat baca khususnya di kalangan anak-anak. Menurutnya, dengan perkembangan media sosial, budaya membaca buku pada anak-anak semakin berkurang.

“Sebenarnya ini juga kesempatan bagi SD maupun SMA untuk menambah jam literasi anak-anak. Karena selama ini jam literasi anak-anak itu sangat kurang. Apalagi sekarang ada medsos, ada hp mereka membacanya jadi pendek-pendek,” tuturnya. 

Sudiarto mengharapkan melalui Duta Baca tingkat Provinsi Kalimantan Tengah dapat lebih meningkatkan budaya membaca pada masyarakat khususnya anak-anak. Selain dinas terkait, pihak sekolah diharapkan dapat mengajak siswanya untuk kembali gemar membaca baik dengan menyediakan sarana perpustakaan maupun buku-buku yang bagus dan berkualitas bagi siswanya. (foto: rd)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00