Disdukcapil Palangka Raya Nikahkan 119 Pasangan Selama Pandemi Covid-19

KBRN, Palangka Raya : Selama Pandemi Covid-19, sebanyak 119 pasangan yang akan dan telah melangsungkan perhikahan, terdaftar di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Palangka Raya. 

Menurut Kepala Disdukcapil Afendie kepada RRI, dari ratusan pasangan ini, beberapa diantaranya belum dilakukan pecatatan sipil, sehingga dirinya berharap, penyelenggaraan prosesi pernikahan, cukup dihadiri oleh beberapa keluarga dari kedua belah pihak dan tidak diperkenankan membuat kerumuman selama proses pemberkatan hingga resepsi perkawinan.

Lanjut dikatakan Afendi, selama masa pandemi Covid-19, Disdukcapil juga tetap melayani kepengurusan administrasi kependudukan (adminduk) dengan mengikuti protokol kesehatan. Salah satu layanan yang dilakukan yakni seperti melakukan pencatatan pernikahan. 

“Proses pencatatan sipil selama Covid-19, sesuai prosedur seperti biasnaya, dengan tetap mewajibkan pasangan menyertakan dua orang saksi. Hanya saja, untuk protokol kesehatan tetap dilakukan secara ketat saat para pasangan nikah melangsungkan catatan sipil,” tambah Afendie.  

Sementara itu di tempat terpisah salah satu warga yang telah mendaftarkan diri, Meida mengaku sempat membatalkan semua prosesei pernikahan yang seharusnya dilangsungkan pada Bulan April, namun ditunda ke Bulan September mendatang, seraya menunggu perkembangan selanjutnya penyebaran Covid-19.

“Saya berharap, semua tahapan acara bisa berjalan sesuai rencana, meskipun harus menerapkan protokol kesehatan yang  sangat ketat dari pemerintah. Paling penting makna dari pernikahan itu, bukan seberapa mewah atau ramainya tamu yang dating,” imbuhnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00