Kolam Pemancingan, Lokasi Rekreasi yang Tak Pernah Sepi Meski di Tengah Pandemi

KBRN, Palangka Raya: Memancing ikan nampaknya menjadi salah satu aktivitas rekreasi yang seolah tidak terpengaruh dengan adanya pandemi Covid-19. Seperti yang nampak di salah satu kolam pemancingan yang ada di Kawasan Kereng Bangkirai Palangka Raya. Ratusan warga mulai dari anak-anak hingga dewasa nampak asyik memancing di kolam-kolam yang tersedia.

Salah seorang warga Kota Palangka Raya yang ditemui di lokasi kolam pemancingan, Maria Gandini, mengaku memiliki hobi memancing ikan. Ia memilih memancing di kolam pemancingan karena sudah jelas pasti ada ikannya ketimbang harus mencoba-coba memancing di alam bebas.

“Sensasinya sih, waktu kita umpannya dipatuk terus kita dapat ikan itu ada sensasi aja sih rasanya seneng aja. Refreshingnya mancing. Kalau saya sih. Lebih capek sih sebenarnya tapi seneng aja,” ujarnya kepada RRI, Minggu (12/7/2020).

Menurut Maria, pada saat awal-awal ia memancing di kolam pemancingan tersebut orang yang memancing tidak seramai saat ini.

Kolam pemancingan yang mulai operasional sejak akhir tahun 2019 lalu, kini dikunjungi rata-rata 300 orang per hari pada hari biasa dan sekitar 600-900 orang pada akhir pekan. Demikian diungkapkan Pemilik Kolam Pemancingan Datu Mangku, Nurdin.

Menurutnya, kondisi pandemi Covid-19 tidak menjadi penghalang bagi keluarga-keluarga yang ingin menikmati rekreasi memancing sambil makan ikan bakar di sekitar kolam pemancingan selama tetap memperhatikan protokol kesehatan.

“Itu kan dipasang plang himbauan seperti itu. Karena outdoor itu kan. Orang kan juga mudah-mudahan bisa sehat karena dia juga berjemur, jaga jarak, pikirannya tenang. Kadang-kadang penyakit itu kan datang karena stres, suntuk, jadi daya tahan tubuh juga menurun. Kalau kayak gini kan mudah-mudahan aja sehat selalu,” tutur Nurdin.

Nurdin menambahkan Kolam Pemancingan yang berada di Gang Datu Mangku I Kereng Bangkirai tersebut sudah mulai dirintis sejak 2013. Menurutnya kolam pemancingan tersebut belum pernah dipublikasikan secara resmi karena persiapan lahannya memang belum rampung.

Namun warga yang memiliki hobi memancing datang berbondong-bondong dari informasi mulut ke mulut. Kolam pemancingan tersebut menyediakan berbagai jenis ikan untuk dipancing seperti gurame, nila, patin, papuyu, dan ikan mas.

Hasil tangkapan warga yang datang memancing di kolam-kolam yang tersedia ditimbang dan dibayar sesuai harga per jenis ikan. Bahkan, banyak pula keluarga-keluarga yang menikmati santap siang ikan bakar di sekitar kolam pemancingan yang memiliki luas total sekitar 5 hektar tersebut. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00