Olahraga Bersepeda Semakin Digandrungi Warga Palangka Raya

KBRN, Palangka Raya: Olahraga bersepeda nampaknya semakin diminati masyarakat Indonesia tidak terkecuali di Palangka Raya. Seolah menjadi tren, olahraga bersepeda dilakoni anak-anak, remaja, pemuda dan dewasa. Terlihat semakin banyak warga yang mengayuh sepedanya di beberapa spot seperti di kawasan Bandara Tjilik Riwut setiap pagi maupun sore hari.

Salah seorang peseda yang ditemui RRI di seputaran Bandara Tjilik Riwut, Nanang, mengatakan olahraga bersepeda terbilang ringan dan minim risiko. "Sehat aja. Di badan lebih bugar. Soalnya daripada olahraga lain yang risikonya lebih besar kalau bersepeda kan lebih santai dan ringan," ujar Nanang kepada RRI, Minggu (5/7/2020). Nanang mengatakan waktu yang dipilihnya bersama keluarga untuk bersepeda adalah pagi hari di akhir pekan.

Hal yang sama disampaikan sang istri, Nia. Menurutnya kebiasaan bersepeda sudah mereka lakukan bahkan sebelum menjadi tren di kalangan masyarakat. "Kalau kita sih memang Sabtu Minggu atau kalau libur kita sepedaan lah untuk liburan untuk jalan-jalan anak aja lah. Semenjak ada Corona ini kita memang lebih di sini-sini aja nggak jauh," tutur wanita berhijab ini.

Salah seorang penyuka gowes lainnya, David Wirayuda, mengatakan sudah dua tahun memiliki hobi untuk bersepeda. Untuk tetap terhindar dari penyebaran Covid-19, David mengaku tetap menggunakan masker tapi tetap memperhatikan ketebalan masker dan pola pernafasan agar tidak justru membahayakan diri.  "Itu sih biasanya karena maskernya ketebalan. Kita butuh oksigen juga buat kita gowes. Selang-seling sambil ngerasain kondisi tubuh," ujarnya.

David mengatakan ia rutin berolahraga sepeda bersama teman-teman se-gereja. Mulai gowes sore sekitar pukul 3 sore dan sampai rumah sekitar pukul 7 malam.

David juga mengaku sedikit merasa lucu karena baru sekarang orang-orang mulai tertarik dengan olahraga bersepeda. Sampai-sampai toko sepeda dan penyewaan sepeda banyak yang kehabisan.  Namun menurutnya itu hal yang positif karena dengan bersepeda tubuh menjadi bugar, dan otot kaki terlatih sehingga tidak kaku.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00