Kunjungan Perpustakaan e-Kalteng Meningkat Selama Pandemi Covid-19

KBRN, Palangka Raya: Kunjungan masyarakat ke perpustakaan menurun. Sejak awal tahun 2020, tercatat sebanyak 2.674 pada Januari, kemudian di Februari menurun menjadi 2.540. Selanjutnya berkurang di bulan Maret sebanyak 2.118. Namun dari segi total jumlah, tergolong cukup banyak yakni 7.332 pengunjung. 

Menurut Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Kalimantan Tengah (Kalteng), Susana Ria Aden kepada RRI, pada awal Maret pelayanan sempat dibuka selama dua minggu. Karena minat serta antusias masyarakat, sehingga keluarlah kebijakan dari gubernur agar aktivitas ditiadakan selama pandemi.

"Sejak Senin ini, perpustakaan dibuka kembali, tapi hanya menerima masyarakat yang mengembalikan dan meminjam buku dengan menerapkan protokol kesehatan," katanya, Senin (8/6/2020). 

Susana mengaku untuk memenuhi kebutuhan baca pelajar dan mahasiswa, pihaknya telah menyediakan perpustakaan digital, sehingga masyarakat bisa mengakses melalui elektronik Kalteng atau e-Kalteng dengan menggunakan smartphone. 

Peminat pengguna aplikasi online pun ternyata juga cukup banyak, namun tidak seperti kunjungan secara langsung. Berdasarkan data yang masuk ke aplikasi, total sekitar 221 peminjaman buku secara online dari Januari hingga awal Juni. "Peningkatan pengakses aplikasi, terjadi pada bulan April saat penyebaran pandemi Covid-19, yakni 74 kali," ucapnya. 

Perpustakaan digital ini diakui Susana tidak sepenuhnya sempurna, sehingga pengembangan akan terus dilakukan, di antaranya penambahan layanan hingga jenis dan judul buku. "Kami berharap, mampu mendorong peningkatan minat baca masyarakat. Sehingga upaya untuk menanamkan budaya membaca pun akan dapat terwujud," imbuhnya. (Aga)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00