Perilaku Hidup Bersih Kunci dari Tatanan Kehidupan Baru

KBRN, Palangka Raya: Sebagian masyarakat masih kurang memahami tentang konsep tatanan kehidupan baru. Sehingga perlu adanya pemahaman sederhana agar tidak keliru dalam menjalankannya. 

Pengamat Sosial sekaligus Guru Besar Universitas Palangka Raya, Danes Jaya Negara, kepada RRI menegaskan tatanan kehidupan baru bisa diartikan dengan bahasa sehari hari yakni beraktivitas seperti biasa dengan berperilaku hidup bersih dan sehat dengan cara rutin mencuci tangan pakai sabun, mengenakan masker saat keluar rumah, jaga jarak aman dan menghindari kerumunan. 

"Kebiasaan inilah  bagian dari tatanan kehidupan baru dan harus terus dipupuk sehingga dapat berjalan dengan baik," ujarnya, Jumat (5/6/2020).

Hal sama dikemukakan oleh Ketua Himpunan Psikolog Indonesia (HIMPSI) Kalteng Dina Fariza. Dina menyebut, paling utama dalam penerapannya, perubahan perilaku untuk tetap menjalankan aktivitas normal, namun tetap menerapkan protokol kesehatan dengan tujuan untuk mencegah terjadinya penularan Covid-19. 

"Orang-orang cuci tangan pakai sabun, ya kita juga lakukan. Melihat ada yang pakai masker, kita juga ikut gunakan masker. Banyak orang tetap di rumah aja, ya kita juga jangan terlalu beraktivitas di luar. Seperti ini lah praktiknya, sangat sederhana. Bahkan kita juga harus menjadi kontrol terhadap kedisiplinan masyarakat," imbuhnya. (Aga)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00