Menuju Masyarakat Kalteng Produktif dan Aman Covid-19

KBRN, Palangka Raya: Pemerintah telah memberikan izin kepada 102 kabupaten/kota di Indonesia untuk mempersiapkan tatanan kehidupan baru masyarakat produktif dan aman Covid-19.

Kriteria bagi daerah untuk tatanan kehidupan baru yakni sama sekali belum ada kasus Covid-19, daerah di mana ada kasus setiap harinya tapi mengalami penurunan atau daerah yang lolos standar new normal dari WHO. Untuk Kalimantan Tengah, Kabupaten Sukamara menjadi salah satu yang memenuhi persyaratan tersebut.

Gubernur Kalimantan Tengah, Sugianto Sabran, meminta agar bupati/walikota mempersiapkan pra kondisi tatanan kehidupan baru secara memadai. Ditambahkan, masyarakat harus membiasakan diri menerapkan protokol kesehatan dengan disiplin.

 “Kalau kita mau menjaga keluarga, orang tua dan orang lain, kita harus hidup disiplin pakai masker, cuci tangan dengan sabun di air mengalir, jaga jarak, jangan berkerumun,” ujar Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 di Kalteng, Selasa (2/6/2020).

Pemerintah Kabupaten Sukamara juga diminta segera menyiapkan pra kondisi dan melakukan simulasi sehingga dalam penerapannya bisa berhasil dengan baik.

Sebelumnya, Gubernur Sugianto Sabran juga telah meminta Pemerintah Kota Palangka Raya menyusun rencana aksi implementasi tatanan kehidupan baru dengan melibatkan pemerintah, akademisi, organisasi kemasyarakatan, lembaga usaha dan media massa.

Walikota Palangka Raya, Fairid Naparin, mengatakan pihaknya telah sepakat untuk penerapan tatanan kehidupan baru akan melihat situasi dan kondisi penyebaran kasus yang ada di Kota Palangka Raya.

Selanjutnya : Palangka Raya

Halaman 1 dari 2

Reaksi anda terhadap berita ini :

00:00:00 / 00:00:00