Pemprov Susun Perda Agar Generasi Penerus Lestarikan Bahasa Daerah

KBRN, Palangka Raya: Generasi penerus Kalimantan Tengah harus diarahkan untuk mengutamakan Bahasa Indonesia, melestarikan bahasa daerah dan menguasai bahasa asing.

Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Kalteng, Katma F. Dirun, mengatakan pemerintah daerah sedang menyusun rancangan peraturan daerah yang bisa menjadi regulasi bagi perangkat daerah untuk merealisasikan pembinaan Bahasa Indonesia dan pelestarian bahasa daerah di Provinsi Kalimantan Tengah.

“Tiga elemen dasar ini yang akan kita wujudkan untuk generasi kita ke depan di Kalteng ini, tetap harus mengutamakan Bahasa Indonesia, namun tetap melestarikan bahasa daerahnya, dan mampu menguasai bahasa asing. Sehingga generasi ke depan kita memang nantinya bisa betul menjadi generasi emas, yang mampu berinteraksi di dalam dunia internasional namun tetap jati dirinya sebagai orang daerah ini tetap muncul,” ujarnya beberapa waktu lalu.

Katma F. Dirun mengakui proposi penggunaan bahasa daerah belum proporsional sehingga perlu upaya untuk mengejar agar jangan sampai bahasa daerah termasuk sastra dan budaya daerah nantinya dilupakan.

Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Kalteng ini menambahkan konsekuensi kemajuan teknologi di era globalisasi membuat kekuatan budaya antar negara saling mempengaruhi. Untuk itu, pemerintah berperan membentengi masyarakatnya agar mampu memahami jati dirinya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar