Hoax di Tengah Bencana, Jalan Tumbang Nusa Diinfokan Putus

KBRN, Palangka Raya: Di tengah bencana banjir yang melanda Kalimantan Tengah, ada saja oknum menyebarkan informasi bohong/hoax di media sosial. Salah satu video yang disebarkan di grup-grup WhatsApp menyebutkan jembatan Tumbang Nusa terputus. 

Jembatan atau Jalan Layang Tumbang Nusa merupakan penghubung antara Palangka Raya dengan beberapa kabupaten lain di Kalteng serta Banjarmasin, Kalsel.

Pelaksana Tugas (Plt.) Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik (Diskominfosantik) Provinsi Kalimantan Tengah, Agus Siswadi, mengatakan dari informasi tersebut, ia meminta staf melakukan pengecekan lapangan. 

Setelah dipastikan informasi tersebut bohong, Diskominfo membuat stempel hoax atas informasi yang beredar luar di media sosial tersebut. 

“Dan itu kalau itu sepintas kalau dilihat yang Tumbang Nusa itu bukan Tumbang Nusa. Karena kelihatan ada rumah, sungai dan lain sebagainya. Tapi untuk memastikan tadi saya suruh berangkat aja staf ke sana dan memang hoax. Sebenarnya aman-aman aja,” ujarnya kepada RRI, Selasa (16/11/2021). 

Agus Siswadi menegaskan Diskominfosantik akan melaporkan kepada pihak kepolisian apabila ada informasi yang tidak sekadar hoax tapi mengandung unsur kejahatan.

Diskominfosantik Provinsi Kalimantan Tengah juga sudah berkoordinasi dengan admin media sosial agar lebih banyak menyebarkan informasi tentang langkah-langkah penanganan bencana banjir oleh aparat pemerintah. Salah satunya, langkah cepat perbaikan gorong-gorong jalan Kasongan-Kereng Pangi. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar