Pemilik Gejala Diabetes Disarankan Segera Periksakan Diri

KBRN, Palangka Raya: Penanganan pasien diabetes termasuk dalam Program Penanggulangan Penyakit Kronis (Prolanis) bersama antara fasilitas kesehatan, warga dan BPJS Kesehatan. 

Kepala UPT Puskesmas Pahandut, Riduan, mengatakan penderita diabetes yang datang berobat ke Puskesmas kebanyakan berusia lanjut namun ada pula yang usianya relatif muda. 

"Cukup banyak pasien Puskesmas yang berobat dengan penyakit diabetes. Setiap kali datang kita lakukan pemeriksaan lab, pemeriksaan darah dan obat juga sebulan sekali, kita bekali 30 hari. Mereka diberi obat diabet, jadi untuk stok obat diabet di Puskesmas Pahandut cukup," ujarnya kepada RRI, Minggu (14/11/2021). 

Kepala UPT Puskesmas Pahandut ini juga mengatakan penyakit diabetes erat kaitannya dengan pola konsumsi masyarakat yang banyak makan serta minum yang manis dan kurangnya aktivitas fisik seperti berolahraga. 

Riduan mengatakan melalui petugas Penyuluhan Prolanis, warga yang memiliki gejala diabetes diimbau untuk datang memeriksakan diri ke Puskesmas terdekat. 

Dikatakan, beberapa gejala yang harus diwaspadai kencing manis diantaranya sering ingin buang air kecil pada malam hari, sering merasa haus, berat badan menurun dan pandangan mata kabur. (Gambar: Unair news) 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar