Suka Makan Junk Food dan Jarang Olahraga, Waspada Diabetes

KBRN, Palangka Raya: Hari ini, 14 November diperingati sebagai Hari Diabetes Sedunia yang merupakan kampanye kesadaran global terhadap penyakit Diabetes Mellitus atau yang dikenal dengan Penyakit Kencing Manis.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Tengah, Suyuti Syamsul, mengatakan meningkatnya penyakit tidak menular seperti Diabetes Mellitus terkait angka harapan hidup di Indonesia semakin tinggi. 

Menurut Suyuti, semakin lanjut usia seseorang maka semakin rentan pula terhadap penyakit tidak menular seperti kencing manis. Selain itu, faktor genetik atau keturunan juga mengakibatkan kecenderungan seseorang menderita diabetes. 

Namun Kepala Dinas Kesehatan Kalteng ini mengatakan risiko terkena Diabetes dapat diatasi dengan pola hidup sehat seperti mengonsumsi makanan sehat dan olahraga teratur minimal 30 menit sehari. 

"Penyakit tidak menular seperti diabetes, kanker itu makin besar peluangnya karena gaya hidup dimana kita semakin sering mengkonsumsi makanan-makanan yang diolah dalam bentuk makanan cepat saji. Itu juga berpengaruh pada munculnya penyakit-penyakit diabetes. Diabetes itu memang diturunkan secara genetik tetapi kita bisa memperlambatnya melalui perilaku hidup sehat," ujarnya. 

Suyuti menambahkan seseorang masih usia muda dan tidak memiliki riwayat keturunan penderita kencing manis juga bisa mengalami penyakit ini jika tidak menjaga pola makan dan olahraga teratur. (Gambar:hallo sehat)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar