Beras Nutri Zinc Mampu Penuhi Kebutuhan Anak Cegah Stunting

KBRN, Palangka Raya: Kebutuhan zat gizi baik makro maupun mikro bagi ibu hamil bahkan ketika anaknya sudah lahir harus terpenuhi agar terhindar dari stunting.

Dosen Gizi dan Dietetika Poltekkes Kemenkes Palangka Raya, Agnescia Clarissa Sera, menjelaskan di samping ibu hamil dan menyusui, anak usia 2-5 tahun juga membutuhkan asupan nutrisi yang seimbang dengan prinsip variasi makanan juga aktivitas fisik agar tumbuh kembangnya baik.

Agnescia mengatakan zat gizi yang dibutuhkan secara makro adalah protein sebagai zat pembangun. Selain itu, zat gizi mikro termasuk zinc juga diperlukan dalam proses pertumbuhan anak namun sayangnya seringkali diabaikan.

“Zat gizi mikro yang sering diabaikan khususnya vitamin dan mineral salah satunya adalah zinc. Khusus untuk pertumbuhan. Fungsinya sebagai co faktor untuk enzim-enzim di dalam tubuh kemudian metabolisme protein dan karbohidrat ini juga perlu yang namanya zinc,” ujarnya dalam Dialog Kalteng Menyapa RRI, Selasa (5/10/2021).

Dosen Gizi dan Dietetika Poltekkes Kemenkes Palangka Raya ini juga menjelaskan kebutuhan zinc pada setiap orang berbeda tergantung umur dan kondisinya.

Secara umum laki-laki dan perempuan usia dewasa atau produkstif butuh 10-14 mg zinc/hari. Sedangkan pada anak  usia 1-5 tahun membutuhkan 1-3 mg atau maksimal 5 mg zinc per hari.

Menurut Agnescia kebutuhan harian anak terhadap zinc dapat terpenuhi dengan mengonsumsi nasi dari Padi Nutri Zinc. Sementara untuk orang dewasa khususnya ibu hamil dan menyusui akan membutuhkan asupan zinc tambahan dari bahan makanan lain.

Dosen Gizi dan Dietetika Poltekkes Kemenkes Palangka Raya ini menyebut kandungan zinc pada beras Nutri Zinc lebih banyak 3-6 kali lipat dibandingkan beras pada umumnya.

Beras Inpari Nutri Zinc adalah beras unggul yang dirilis pemerintah sejak Januari 2019 ini sudah dikembangkan di beberapa kabupaten di Kalteng seperti di kawasan Food Estate Kabupaten Kapuas, Pulang Pisau, serta Barito Timur, Kotawaringin Barat dan Kotawaringin Timur.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar