Pemasaran Produk UMKM Lokal Perlu Dukungan

KBRN, Palangka Raya: Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) Ivo Sugianto Sabran mengunjungi sentra Usaha Kecil Mikro dan Menengah (UMKM) di Kota Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur, Senin (1/3/2021).

Ketua TP-PKK Kalteng Ivo Sugianto Sabran yang juga menjabat sebagai Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Kalteng ini mengunjungi Sentra UMKM Gerakan Masyarakat Wirausaha (GEMA WIRA) di Jalan Muara Teweh, Sampit didampingi Ketua TP-PKK Kabupaten Kotawaringin Timur Khairiah Halikinnor yang juga menjabat sebagai Ketua Dekranasda Kabupaten Kotawaringin Timur.

Ivo mengungkapkan bahwa ini dimaksudkan untuk memberikan dukungan dan membantu pemasaran produk-produk dari Sentra UMKM GEMA WIRA agar lebih dikenal masyarakat serta diterima di pasar nasional dan bahkan internasional.

“Dengan saya kesini meninjau, apa yang bisa dibantu, seperti pemasarannya dan packagingnya. Setelah saya melakukan peninjauan, packagingnya masih harus diperbaiki. Terkait pemasarannya, nanti kita bantu jualan online, kita buatkan website. Dan, nanti setelahnya akan ada dari dinas terkait untuk memberikan edukasi lagi,” jelas Ivo.

Lebih lanjut, Ivo mengatakan, dalam upaya membantu pemulihan ekonomi, PKK telah melakukan sosialisasi, edukasi, dan ecoprint, seperti mengedukasi masyarakat untuk melakukan kegiatan membatik dengan bahan-bahan alami. Sebagaimana diketahui, Ecoprint sendiri merupakan teknik memberi pola pada kain dengan menggunakan bahan alami.

“Dalam recovery ekonomi, Bapak Gubernur telah banyak sekali program melalui Dinas Koperasi dan UMKM untuk membantu akses permodalan. Selain itu, dari bank, baik dari Bank Kalteng maupun dari Bank BUMN, membuka akses permodalan, seperti Kredit Usaha Rakyat (KUR) dengan bunga yang minim,” kata Ivo.

Ivo menambahkan bahwa Dekranasda Provinsi Kalteng kini tengah fokus pada olahan rotan dan batik benang bintik yang merupakan budaya dari masyarakat Kalteng. (Sumber/foto: Biro PKP Setda Kalteng/MMCKalteng)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00